• Headline News


    Monday, August 19, 2019

    Ispikani, Himtani dan Granat Bursel Gelar Aksi Bersih Pantai


    Namrole, Kompastimur.com
    Tiga Lembaga Oraganiasi di Buru Selatan (Bursel) yakni Ikatan Sarjana Perikanan Indonesia (ISPIKANI), Himpunan Tani  Nelayan Indonesia (HIMTANI) dan Gerakan Nasional Anti Narkotika (GRANAT) bergandengan tangan menggelar aksi bersih pantai di sekita pesisir pantai Namrole, Kabupaten Bursel, Minggu 18 Agustus 2019.

    Kegiatan yang di gagas oleh tiga Organiasi di Bursel ini, telah menjadi bagian dari Aksi Rencana Nasional untuk pengurangan sampah plastik yang masuk ke laut, yang telah di lakukan serentak di seluruh.
    Di sela-sela kegiatan tersebut, Ketua Granat Kabupaten Bursel, Jalil Haulusy mengatakan, kegiatan ini sangat penting untuk mengedukasikan masyarakat tentang menjaga lingkungan dari sampah. Terutama smapah plastik yang menurutnya banyak membahayakan ekosistem laut kita.

    "Kegiatan yang dilakukan oleh tiga organiasi ini dalam rangka  mengedukasi masyarakat akan pentingnya kebersihan  pantai dari sampah," ujar Haulusy.

    Ketua Granat Bursel ini juga berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan animo dan semangat masyarakat untuk menjaga kebersihan pantai dan laut demi lestarinya sumber daya laut di Bursel.

    Pada kesempatan yang sama, Ketua Himtani Buru Selatan, Taufik Hidayat Tuanaya juga menuturkan, saat ini ekosisitem laut terus menghadapi ancaman sampah plastic hasil limba masyarakat yang di terus dibuang ke laut termasuk kita di Bursel.

    “Lewat  gerakan aksi secara nasional dalam rangka mengurangi sampah plastik di laut, harus terus digalakan sehinga laut kita terlihat bersih dan bebas dari sampah. Aksi ini bukan hanya pemerintah namun seluruh lapisan masyarakat sebagai gerakan sayang laut, sehingga ekosisitem laut kita bisa terpelihara dengan baik untuk generasi kita kedepan,” ucap Tuanaya.

    Sementara itu, koordinator aksi, Sadli Sahady mengaku sangat senang dapat berpartisipasi dalam kegiatan bersih pantai yang dilakukan oleh teman  teman  DPC Granat, DPC Himtani dan DPC Ispikani Buru Selatan.

    Iya mengatakan, kegiatan bersih pantai ini juga  merupakan gerakan Nasional pembersihan pantai diseluruh pesisir laut Indonesia termasuk kita di Bursel.

    Sahady yang juga Sekretaris Bappeda Bursel ini mengungkapkan, aksi seperti ini penting dilakukan agar animo dan semangat masyarakat untuk  menjaga kebersihan pantai dan laut dari sampah dapat terbentuk.

    “Lewat aksi ini juga  kami harapkan pantai dan laut kita bisa lebih bersih dan masyarakat yang biasanya buang sampah ke laut akan sadar dengan sendirinya ketika melihat aksi ini,” ungkap  Sahady.

    Kegiatan ini dihadiri oleh Pengurus, DPC Granat, DPC Himtani dan DPC Ispikani Bursel  bersama masyarakat sekitar di pesisir Kota Namrole.  (KT/OT)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ispikani, Himtani dan Granat Bursel Gelar Aksi Bersih Pantai Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top