• Headline News


    Tuesday, August 6, 2019

    FTT dan Wonderful Sail 2 Indonesia, Event Terintegrasi Internasional


    Leksula, Kompastimur.com 
    Festifal Teluk Tifu (FTT) dan Wonderful Sail 2 Indonesia resmi dibuka oleh Sekda Buru Selatan Iskandar Walla, Senin (5/8/2019) di desa Tifu, Kecamatan Leksula Kabupaten Buru Selatan (Bursel).

    Sekda saat membacakan sambutan Bupati Bursel Tagop Sudarsono Solissa mengatakan Bahwa FTT dan Wonderful Sail 2 Indonesia adalah moment perpaduan daerah dan internasional yang sudah di selenggarakan kedua kalinya di teluk Tifu.

    “Festifal Teluk Tifu dan Wonderful Sail 2 Indonesia tahun 2019 merupakan event terintegrasi daerah, nasional dan internasional yang sudah dilakukan kedua kalinya di teluk Tifu ini,” kata Sekda.

    Dikatakan, tahun-tahun sebelumnya yakni tahun 2015-2017 hanya dilaksanakan Wonderful Sail Indonesia dan event-event yang digelar hanya berlokasi di Kota Namrole.

    Dengan dilakukannya TTF dan Wonderful Sail 2 Indoensia di teluk Tifu ini, lanjut Walla, menunjukan bahwa pengembangan pariwisata di Bursel tidak hanya terfokuskan di Ibu kota kabupaten, tetapi sudah mulai dikembangkan ke kecamatan-kecamatan lain yang ada di Kabupaten Bursel.

    “Tahun 2018, desa-desa yang menjadi titik kunjungan peserta Wanderful Sail hanyalah Desa Tifu di  Kecamatan Leksula, dan Desa Mengeswaen di Kecamatan Fena Fafan, Selanjutnya di tahun 2019 ini, titik kunjung semakin diperluas sampai di Desa Waekatin dan Desa Fakal yang sudah dikenal sebagai negeri di atas awan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi desa tersebut dan menjadi destinasi bagi wisatawan karena letaknya di atas gunung,” ujar Walla.

    Disamping itu, Desa Fakal juga memiliki hasil pertanian yang menjanjikan dan bisa dijadikan sebagai argo wisata.

    “Desa mengeswaen dapat pula dijadikan sebagai tempat wisata kuliner dan di Desa Wakatin akan dijumpai atraksi wisata air tawar yang dikenal dengan nama Wisata Ikan Opofot,” terangnya.

    Dikesempatan itu, Walla mengajak semua stake holder untuk sama-sama meningkatkan kreatifitas dan melestarikan budaya kearifan lokal daerah melalui lomba hela rotan, lomba renang tradisional anak, lomba mancing tradisional, dan lomba kuliner non beras antar desa.

    “Kita harus melestarikan semua budaya kita, semua tradisi adat istiadat kita, karena itu adalah harta dan jati diri kita sebagai masyarakat Buru Selatan,” ajaknya.

    Walla manuturkan, FTT dan Wonderful Sail 2 Indonesia tahun 2019 kali ini mengalami peningkatan dari 22 kapal menjadi 51 kapal yang diramaikan oleh 154 peserta dari 15 negara..

    “Kali ini kunjungan semakin meningkat karena diiukuti oleh 15 negara dan akan berada diteluk Tifu dari tanggal 4 sampai 7 Agustus 2019 untuk menikmati keindahan alam pantai, alam pegunungan, budaya dan sejarah yang ada di Tifu, Mengeswaen, Waekatin dan Fakal dalam bentuk paket tour,” terangnya.

    Menutup sambutannya, atas nama Pemda Bursel, Ia menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga situasi dan kondisi keamanan di desa Tifu dan desa-desa yang masuk dalam Tour Wisata.

    “Pemerintah menghimbau kepada seluruh komponen masyarakat, Tokoh Masyarakat, tokoh Pemuda serta seluruh pihak yang terlibat menyukseskan kegiatan ini untuk tetap menjaga keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan dan tunjukan keramah tamahan kita sebagai tuan rumah yang baik,  karena dengan semua itu, akhirnya akan menimbulkan kenangan yang manis bagi penikmat wisata,” tutupnya.

    Informasi yang diperoleh dari panitia, dari 15 negara yang sudah menyinggahi teluk Tifu yakni, 7 kapal dari Australia, 3 Kapal dari USA, 2 Kapal dari Inggris,  1 Kapal dari Swedia, 1 kapal dari Norwergia, 1 kapal dari Kanada, dan 1 Kapal 1 New Seland. 

    Pembukaan acara ini disuguhi berbagai macam tari-tarian tradisional masyarakat setempat dan dilanjutkan dengan pemukulan tifa oleh Sekda sebagai tanda dibukanya kegiatan. (KT/02)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: FTT dan Wonderful Sail 2 Indonesia, Event Terintegrasi Internasional Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top