• Headline News


    Sunday, August 4, 2019

    Bursa Inovasi Kluster IV Digelar di Pulau Gorom


    SBT, Kompastimur.com 
    Bursa Inovasi Desa Kluter IV yang terdiri dari Kecamatan Pulau Gorom, Kecamatan Gorom Timur dan Kecamatan Pulau Panjang Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) telah digelar.

    Demikian dikatakan Ketua TPID Kecamatan Pulau Panjang, Muhamad Hendra Kelian, kepada kompastimur.com, Minggu (04/08/2019) di Bula.

    Kelian mengatakan, kegiatan Bursa Inovasi Desa tersebut dimulai pada tanggal 30 Juli di Aula SMP Ondor Desa Ondor, Kecamatan Pulau Gorom, yang dibuka lansung oleh Camat Kecamatan Pulau Gorom, Mega Rodya Rumarey Wattimena.

    Selaku ketua TPID, dirinya menjelaskan, lewat bursa inovas ini dapat kiranya dapat melahirkan ide-ide cemerang dalam pengembangan Desa, baik sumber Daya Manusia (SDM), Infrastruktur maupun Kewirausahaan kepada Pemerintah Negeri maupun Negeri Administratif di 3 Kecamatan ini, terkhusus Kecamatan Pulau Panjang dan SBT pada Umumnya.

    Ditambahkan, melalui Dana Desa ini, masyarakat dapat menciptakan lapangan kerja sendiri sehingga tidak lagi memiliki ketergantungan terhadap jenis bantuan lain dari Pemerintah. Karena Dana Desa jika dikelola dengan baik dan benar serta berbasis pemberdayaan maka secara lansung mengubah Desa dari status tertinggal bisa naik hingga menjadi Desa mandiri.

    "Lewat Kegiatan Bursa Inovasi Desa ini dapat memberikan Tawaran Inovasi baik di bidang SDM, infrastruktur maupun Kewirausahaaan Kepada Pemerintah Negeri maupun Negeri Administratif di Kecamatan Pulau Panjang pada khususnya dan SBT pada Umumnya. Sehingga melalui dana desa ini,  masyarakat dapat menciptakan lapangan kerja sendiri agar tidak memiliki ketergantungan terhadap bantuan pemerintah," katanya.


    Selain itu, Anak muda ini berharap, pihak Desa dan masyarakat desa harus mampu mengembangkan semua potensi dasar yang ada di desanya masing-masing, sehingga Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di Desa bisa dimanfaatkan oleh Desa sehingga ikut menambah pendatan asli Desa (PAD).

    "Masyarakat harus mampu mengembangkan potensi-potensi yang ada di Desa masing-masing sehingga ada PAD untuk desa tersebut," tutupnya.

    Hadir pada kegiatan tersebut, Camat Gorom Timur, Abdurahman Damat, Camat Kecamatan Pulau Panjang Abidin Loklomin, Para Kades, TPID 3 Kecamatan dan Pendamping Desa dan tamu undangan lainnya. (KT/FS)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bursa Inovasi Kluster IV Digelar di Pulau Gorom Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top