• Headline News


    Friday, August 2, 2019

    Bupati SBT Hadiri Rakornas Transmigrasi Tahun 2019


    SBT, Kompastimur.com 
    Bupati Seram Bagian Timur, Abdul Mukti resmi menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Transmigrasi Tahun 2019, yang di buka lansung Oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Mohamad Yusuf Kalla. Kegiatan tersebut dipusatkan di Golden Ballroom, Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (01/08/2019)

    Informasi yang dihimpun media ini dari Humas Setda SBT menjelaskan, hadir pada kegiatan ini adalah Bupati SBT, Abdul Mukti Keliobas didampingi oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab.Seram Bagian Timur, Tedy Sibualamo.
    Sementara Wakil Presiden Republik Indonesia, Mohamad Yusuf Kalla didampingi oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dan Menteri Perumahan Rakyat.
    Selain itu, acara tersebut dihadiri pula oleh Gubernur, Bupati/ Walikota seluruh Indonesia.
    Dalam sambutannya, Wakil Presiden RI Yusuf Kalla mengingatkan pentingnya transfer keterampilan antara transmigran dan penduduk lokal agar terjadi kesetaraan.

    "Upaya yang dijalankan dewasa ini ialah bagaimana mensejahterakan transmigrannya dan mensejahterakan tempat dimana transmigran. Bagaimana caranya tentu transmigrasi itu ada transfer keterampilan," kata JK seperti yang dikutip Humas Setda SBT.

    Orang nomor 2 Indonesia ini menuturkan, Transmigrasi adalah program yang sudah lama dilakukan pemerintah sejak tahun 1950, dengan tujuan transmigrasi untuk mensejahterakan transmigran dan penduduk lokal.

    Dirinya mengakui, ada gesekan antara transmigran dan penduduk lokal di masa lalu, tetapi dirinya menilai, transmigrasi banyak berdampak positif terhadap masyarakat dan ligkungan.


    "Kalau yang datang tidak sejahtera, kemudian yang didatangi tidak sejahtera. Maka transmigrasi itu tentu tidak maksimal. Kita lihat semua banyak di antara yang punya anak mereka sudah sekolah tinggi sarjana, dan menempati posisi yang baik di daerah transmigrasi itu. Semua terjadi apabila ada suatu kebersamaan," paparnya.


    Sementara itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mengatakan, Transmigrasi telah berhasil memindahkan 8 juta penduduk. Selain itu, transmigrasi berhasil menciptakan dua ibu kota provinsi hingga 104 kabupaten baru.

    "Transmigrasi telah menciptakan 2 ibukota provinsi, 104 kabupaten baru, 335 kecamatan, dan 1336 desa definitif di luar Jawa. Saat ini, capaian transmigrasi di 619 kawasan dan 48 kawasan program revitalisasi telah mengelola 4,2 juta transmigran termasuk 1,7 juta tenaga kerja yang tinggal di kawasan seluas 4,4 juta hektare," papar Menteri seperti yang dikutip Humas Setda SBT. (KT/FS)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bupati SBT Hadiri Rakornas Transmigrasi Tahun 2019 Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top