• Headline News


    Friday, July 5, 2019

    Wagub Minta Maluku Tak Bergantung Pada Beras



    Ambon, Kompastimur.com
    Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno bakal mendorong ketahanan pangan lokal dan meminta agar masyarakat Maluku tidak tergantung pada beras.

    Hal ini di minta tak lain agar kualitas pangan daerah naik dan Maluku yang dinilai telah meninggalkan makanan khas berumbi kembali menkonsumsinya.

    Dikatakan, saat ini orang Maluku malah lebih bergantung dengan beras. Hingga ada sebutan jika sehari tak makan beras rasanya belum makan.

    Padahal, lanjutnya,ubi juga sumber karbohidrat yang low-glycemic index (GI). Artinya indeks peningkatan gula darah dari sumber karbohidratnya amat rendah bila dibandingkan beras. Atau secera sederhana, konsumsi makanan yang low-GI tidak mudah gemuk.

    Saat memberi sambutan pada pelantikan Duta Parenting Orno menyebut ketergantungan pada beras dapat berakibat kurang gizi pada anak. Padahal karakter wilayah Maluku kaya dengan hasil tanah sehingga tidak perlu menunggu ada beras untuk dikonsumsi keluarga.

    “Hasil untuk ubi-ubian di kita banyak, kenapa harus terus-terus makan nasi. Kita dorong ketahanan pangan di Maluku. Beras cukup di daerah transmigrasi saja,” ucap Orno dalam sambutan acara ‘Sosialisasi Pencegahan Stunting dan Penobatan Duta Parenting Provinsi Maluku’ di auditorium Universitas Pattimura Ambon, Rabu (3/7).

    Statmen itu dibuat untuk mengarahkan para ibu juga anggota PKK yang hadir agar mulai gencar mengutamakan sajian pangan lokal berbasis ubi-ubian.

    Dirinya memastikan bahwa ubi punya kandungan nutrisi kompleks dan mudah diserap tubuh dan hal itu dapat diterapkan kepada anak-anak sejak dini.

    Ia berharap agar masyarakat lokal yang tinggal jauh dari pusat kota tidak perlu terlalu bergantung pada beras. Sementara sekitar rumah, ubi-ubian tumbuh melimpah.

    “Hal ini kan saya akan bicarakan itu dengan pak gubernur. Supaya kita kembali ke pangan lokal. Tidak perlu terlalu makan beras. Saya juga suka makan ubi,” tandasnya. (KT/12)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wagub Minta Maluku Tak Bergantung Pada Beras Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top