• Headline News

    Saturday, July 20, 2019

    Tahun 2020 Pasar Modern di Bangun


    Lagu Terbaik Tahun 2021
    Ambon, Kompastimur.com
    Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, bersama beberapa dinas terkait meninjau pasar Arumbai untuk persiapan pembangunan pasar modern yang direncanakan berlantai lima pada tahun 2020 mendatang.

    Selain peninjauan Pasar Arumbai,Pemerintah Kota (Pemkot) melakukan peninjauan di pasar Mardika, Kota Ambon, Jembatan Mardika, dan Rumah Potong Hewan (RPH).

    Walikota di sela-sela kegiatan mengatakan, pembangunan pasar moderen yang direncanakan akan dibantu Kementerian Perdagangan dan Kementrian Perindustrian RI  lewat dana Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (Kemen PUPR RI), dalam bentuk  pasar-pasar  jumbo.

    “Seluruh yang sudah di siapkan, dan pasar itu akan di bangun dengan konsep yang terintegrasi. Pasar yang akan dibangun ini adalah pasar moderen yang berlantai lima. Ini sementara didesain dan dibicarakan. Pasar tersebut juga akan dilengkapi dengan restorant, kuliner, hiburan,” katanya usai peninjauan pasar, Sabtu (20/7/2019).

    Dikatakan, dengan pembangunan pasar itu juga, maka Pemkot Ambon akan berupaya mengatasi kemacetan yang kerap terjadi di Kota Ambon dengan memanfaatkan transportasi teluk CityCat, SpeedyCat, dan Feri sebagaimana yang diterapkan oleh pemerintah Australia di Brisbane.

    Menurut Louhenapessy, model yang dilakukan di Australia itu akan ditiru oleh pemerintah Kota Ambon, dengan membangun beberapa dermaga penyeberangan untuk antar pulang pergi penumpang dikawasan teluk dalam Ambon.


    “Jadi tim Pekerjaan Umum (PUPR) Ambon sudah melakukan study komperatif, hampir semua lokasi yang di kunjungi sudah tidak lagi menggunakan dermaga pasif tetapi semua sudah menggunakan aktif. Dari beberapa daerah pengalaman saya, apakah itu di Jepang, Eropa, terakhir di Australia, ternyata tipekal yang ideal itu ada di Brisbane, itu sangat simpel saja di dalam teluk, turun tinjau. Jadi aspek perikanan, aspek peternakan, aspek kesehatan, aspek traspoertasi, aspek pemukiman, aspek keamanan,”ujar dia

    Lebih jau dirinya menjelaskan lanjut, Pemkot akan bentuk tim khusus rencana pembangunan pasar sehingga terpadu, dan dirinya tidak mau secara parsial.

    “Dalam waktu dekat, saya melakukan sosialisasi kepada seluruh masyarakat, sebanyak 3.500 pedagang itu harus di akomodir, kalau pasar itu ada kita berharap sungguh betul-betul punya ikon yang ada, disamping itu juga dibangun transporasi teluk, jangan kita samakan dengan kondisi sekarang, pasar moderen, jadi soal penertibannya, soal kebersihannya, semua akan dilaksanakan,” jelas Louhenapessy.

    Bahkan diakui, sosialisasi bukan begitu saja, tetapi kita akan rangkum itu dengan baik agar tidak menggangu aktivitas para Pedagang Kaki Lima (PKL). Bagaimana bentuknya, Pemkot akan buat hiburan bentuk apa saja, seperti  membuat panggung hiburan dan masih banyak konsep modern lainnya.

    “Peluang pembangunan pasar ini ini bagus untuk 20-30 tahun kedepan, kita korban satu tahun, tetapi itu kita senang pada tahun-tahun kedepan, oleh karena itu, Indag sementara melakukan inventarisir para PKL. Untuk sementara para pedagang akan dipindahkan ke pasar Air kuning, Pasar Wainitu, Pasar Rumah Tiga, pasar Nania, pasar Waiheru, dan sebagian distribusikan untuk aktivitas di pasar Mardika,” tandasnya. (KT/12)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tahun 2020 Pasar Modern di Bangun Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top