• Headline News


    Tuesday, July 30, 2019

    Sekda : Peningkatan Mutu Pendidikan Jadi Tanggung Jawab Bersama


    Namrole, Kompastimur.com
    Sekretaris Daerah Buru Selatan (Bursel) Iskandar Walla membuka dengan resmi kegiatan Diseminasi Pemetaan Mutu Kabupaten Bursel tahun 2019 yang berpusat di ruang rapat Sekda Bursel, Senin (29/07/2019).

    Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama pemerintah Bursel dengan Lembaga penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Maluku.

    Sekretaris Daerah (Sekda) Bursel Iskandar Walla saat membuka kegiatan tersebutk mengatakan sesuai amanat Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa pendidikan nasional adalah keseluruhan komponen pendidikan yang saling terkait secara terpadu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional yaitu untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusia indonesia.

    Lanjutnya, dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia  nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan diamanatkan bahwa setiap satuan pendidikan pada jalur formal dan non formal wajib melakukan penjaminan mutu yang bertujuan untuk memenuhi atau melampaui standar nasional pendidikan.

    “Peningkatan mutu pendidikan merupakan tangungjawab dari setiap komponen di satuan pendidikan dan sesuai peraturan perundangan yang berlaku setiap satuan pendidikan wajib melakukan penjaminan mutu sesuai kewenangannya. pendidikan mutu di satuan pendidikan tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya budaya mutu pada seluruh komponen sekolah,” kata Sekda saat membacakan sambutan Bupati Bursel Tagop Sudarsono Solissa.

    Disamping itu, lanjutnya, dibutuhkan program implementasi penjaminan mutu pendidikan di seluruh sekolah di Indonesia dengan pendekatan melibatkan seluruh komponen sekolah (whole school approach).

    “Penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan harus didukung oleh pemerintah kabupaten/kota dan provinsi sesuai dengan kewenangannya karena dengan adanya dukungan dan fasilitas dari pemerintah daerah akan memperkuat upaya satuan pendidikan dalam memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu, imbuhnya.

    Dijelaskan, kegiatan Diseminasi Pemetaan Mutu ini merupakan tahap akhir dari rangkaian kegiatan pemetaan mutu pendidikan yang dilaksanakan oleh LPMP dengan maksud untuk menyampaikan hasil pemetaan mutu wilayah kepada pemerintah daerah di setiap kabupaten/kota di Provinsi Maluku dan diharapkan dapat dijadikan baseline perencanaan dan pemenuhan mutu pendidikan di daerah.

    “Kami Pemda Bursel berharap dalam kegiatan diseminasi pemetaan mutu ini dapat menyalurkan informasi pemetaan mutu pendidikan kabupaten/kota yang dapat digunakan sebagai baseline perencanaan dan pemenuhan mutu pendidikan di kabupaten kami,” tandasnya.

    Dalam kegiatan ini juga turut diberikan Piagam penghargaan dari kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakilkan oleh Kasubag Umum LPMP Provinsi Maluku Mabud Soumena kepada Pemda Bursel yang diterima langsung oleh Sekda Bursel.

    Hadir dalam kegiatan itu, Assisten I Bidang Pemerintahan Alfario Soumokil, pimpinan OPD di lingkup Pemda Bursel, Anggota DPRD Bursel dan pemateri dari LPMP Maluku. (KT/02)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sekda : Peningkatan Mutu Pendidikan Jadi Tanggung Jawab Bersama Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top