• Headline News


    Wednesday, July 3, 2019

    Peternak Kepiting Bakau Minta Perhatian Pemda



    Namrole, Kompastimur.com  
    Salah satu peternak Kepiting Bakau asal Desa Wamsisi, Kecamatan Namrole Kabupaten Buru Selatan (Bursel) La Ampa meminta perhatian Pemda setempat untuk membantunya dengan menyediakan bibit kepiting untuk dibudidayakan di dalam penangkaran miliknya.

    La Ampa saat ditemui media ini dilokasi perternakan, Senin (02/07) mengatakan saat ini bibit kepiting tembakau sangat susah dan sulit didapatkan.

    “Untuk bibit kepiting sebelumnya kami cari dihutan bakau tapi sekarang sudah susah didapat, makanya kami hanya berharap bantuan dari Pemda melalui Dinas Perikanan. Saat ini sisa kepiting bakau hanya tinggal satu ekor,” ucap La Ampa sambil menunjukan seekor kepiting didalam penakarannya.

    Disamping itu, dirinya juga berkeinginan untuk membuat pagar untuk melindungi tempat penakaran kepiting yang saat ini sudah mulai diganti dengan pembibitan ikan air tawar akibat kekurangan bibit kepiting.

    “Kami ingin membuat pagar untuk melindungi area peternakan. Dari bak penampung ikan sampai  ke bak tempat pembibitan kepiting,” ucapnya singkat.

    Dirinya bercerita, suka duka memelihara kepiting adalah terkendala biaya baik itu untuk perawatannya maupun biaya untuk membeli makan kepiting.

    Namun, jika kepiting yang dipeliharanya sudah mencapai masa panen akan dijualnya dengan harga Rp.50.000 per kilogram.

    “Kami kesulitan di biaya di makannya. Kalaupun panen dijual Rp.50 ribu/kg kadangkala Rp.300 ribu, kadang kala Rp.200 ribu perhari, kadang kala juga habis semua. Ya hitung-hitung untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja. tapi saat ini kepitng habis,” ujar pria paru baya itu.

    Dikatakan, budidaya kepiting bakau ini sudah dilakoninya sejak 2016 silam dan pernah menerima bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bursel.

    “Pernah, itu sudah lama. Bantuanya berupa peralatan pompa air. Kalau Kami tidak pernah ikut pelatihan, dan kami tidak pernah dapat bantuan modal, hanya peralatan saja," terang pria asal Sulawessi Tenggara. (KT/02)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Peternak Kepiting Bakau Minta Perhatian Pemda Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top