• Headline News

    Wednesday, July 10, 2019

    Patty : Hasil Uji Tercemar Bakteri E-Coli Belum Keluar


    Lagu Terbaik Tahun 2021

    Ambon, Kompastimur.com
    Hasil uji laboratorium Balai Karantika Ikan terhadap sample air laut di sekitar pasar ikan Mardika, ternyata sampai saat ini belum keluar.

    Demikian diungkapkan Kepala Dinas Perikanan Kota Ambon, Steven Patty kepada wartawan, Rabu (10/7) di Ambon.

    “Kita telah mengambil sampel air laut yang diamati langsung oleh Balai Karantika Ikan, dengan kondisi pasar yang ada, diduga kemungkinan besar terjadi penularan bakteri E-coli, atau tercemar bakteri E-coli. Itu masih dugaan, dan uji sample itu sampai saat ini belum keluar,” jelasnya.

    Sehingga, terkait pemberitaan bahwa ikan di pasar Mardika yang tercemar bakteri Escherichia coli (E-coli) yang disebabkan limbah kotoran manusia atau hasil Buang Air Besar (BAB) masih tetap sebatas asumsi masyarakat atau masih bersifat dugaan.

    Dirinya mengatakan, seharusnya hasil pengujian sampel ikan akan kelua paling lambat 5 hari setelah dilakukan pengujian, namun hingga kini pihaknya belum menerima hasil pengujian tersebut.

    “Hasil resmi yang menyatakan air laut di pasar ikan Arumbai terkontaminasi bakteri E-coli atau tidak belum keluar,” tandasnya.

    Sekedaar diketahui, Bakteri Escherichia coli (E.coli) adalah bakteri yang biasanya hidup di dalam usus manusia dan hewan. Walau kebanyakan jenis E.coli hanya menyebabkan diare ringan, beberapa jenis tertentu seperti E.coli O157:H7 dapat menyebabkan infeksi usus serius yang mengakibatkan diare, sakit perut, dan demam.

    Sehingga pengujian terhadap ikan dipantai Mardika perlu dilakukan mengingat kesehatan masyarakat merupakan tanggung jawab pemerintah juga. (KT/12)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Patty : Hasil Uji Tercemar Bakteri E-Coli Belum Keluar Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top