• Headline News


    Sunday, July 28, 2019

    Jelang Setahun Dikerjakan, Pengaman Pantai Suru Retak

    Lagu Terbaik Tahun 2021

    SBT, Kompastimur.com 
    Pekerjaan rekonstruksi bangunan pengaman pantai Negeri Suru, Kecamatan Siritaun Wida Timur, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) mulai retak. Hal ini diungkapkan oleh salah satu pemuda Negeri Suru, M. Ramli Rumakabis kepada media  ini, Sabtu (27/07/2019) di Bula.

    Rumakabis mengatakan,  proyek yang bersumber dari APBD (hibah Pusat) tahun Anggaran 2018 sesuai dengan yang terpampang pada papan nama  proyek ini, ternyata menelan anggaran sebesar Rp.1.229.390.000 lewat Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten SBT.

    Proyek milyaran Rupiah  dengan nomor kontrak 03/SPP/PPK/BPBD/HIBAH.RR/VII/2018, sangat di sayangkan, karena proyek milyaran Rupiah ini sudah retak. Diduga kuat, faktor keretakan yang terjadi pada pengaman pantai ini akibat dari kualitas pekerjaan yang tidak sesuai dengan besteknya.

    “Kami menduga ini akibat dari tidak memprioritaskan kualitas pekerjaan. Akibatnya belum lama dikerjakan lansung retak,” kata Rumakabis

    Talud penahan ombak dengan model cincin ini merupakan salah satu konstruksi yang mestinya sangat kuat dan lama bertahan jika dibandingkan dengan talud penahan ombak memanjang. 

    Namun anehnya, proyek yang dikerjakan oleh Kontraktor Pelaksana CV. CELEBES CAPITAL FAMILY ini justru sebaliknya. Untuk itu, dirinya mendesak aparat Penegak Hukum di daerah agar segera mengusut masalah ini hingga tuntas.

    Karena pekerjaan dengan kualitas seperti ini telah menggambarkan bahwa, para kontraktor yang mengerjakan paket proyek ini hanya mengejar keuntungan .

    “Kejari SBT harus mengambil sikap untuk menelusuri paket proyek seperti ini. Karena melihat kondisi fisik pekerjaan, maka Saya menduga para kontraktor hanya mengejar keuntungan,”pungkasnya.

    Selain para kontraktor, dirinya juga mendesak Kejari SBT agar memanggil dan memeriksa semua pihak yang terlibat lansung dalam proyek ini, terutama konsultan pengawasan CV. CAROLIV dan dinas terkait. Karena masing-masing memiliki peran penting dalam pengerjaan proyek tersebut.

    “Semua pihak yang terlibat dalam proyek ini harus dimintai keterangan juga, karena mereka memiliki peran masing-masing,” ungkapnya.

    Sampai berita ini diturunkan, pihak kontraktor pelaksana, Konsultan pengawasan hingga Plt. Kepala BPBD SBT belum dapat dikonfirmasikan terkait dengan pekerjaan yang diduga asal-asalan tersebut. (KT/FS)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Jelang Setahun Dikerjakan, Pengaman Pantai Suru Retak Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top