• Headline News


    Monday, July 8, 2019

    Gema Desantara dan Pemda Bursel Gagas Anak Kampung Bebas Narkoba



    Namrole, Kompastimur.com 
    Sejumlah Tokoh pemuda di Kabupaten Buru Selatan menyerukan gerakan anak kampung bebas Narkoba. Hal ini lahir dari kekhawatiran mereka terkait peedaran narkoba yang tidak hanya di menyasar kota-kota besar namun sudah masuk ke pelosok kampung. Ridwan Nurdin, selaku Tokoh Pemuda di Kab. Buru Selatan mendorong Pemda Buru Selatan untuk mengantisipasi masuknya narkoba dengan mencanangkan gerakan anak kampung bebas Narkoba di Buru Selatan.

    Hal tersebut disampaikan Ridwan Nurdin pada kegiatan Pelatihan Kader Pemuda Anti Narkoba yang diselenggarakan oleh DKN Gema Desantara di Aula Pertemuan Kantor Bupati Buru Selatan, Sabtu (06/07/19)

    Ridwan Nurdin, yang juga Anggota DPRD Kab. Buru Selatan mengaku, narkoba bisa masuk dan meracuni masyarakat kapan saja dan dimana saja. “Kita semua sebagai anak kampung harus siap siaga dan untuk menangkal masuknya Narkoba, Mari bersama gelorakan Gerakan Anak Kampong Bebas Narkoba," ungkap Ridwan.

    Hal senada juga diutarakan oleh Asisten Daerah I Bid. Pemerintahan Pemda Buru Selatan, Alfario S Soumokil, S.IP. Ia berharap kepada Kader Pemuda Anti Narkoba agar membuat rencana-rencana strategis ke depan terhadap penanggulangan bahaya Narkoba. “Kita berharap kegiatan-kegiatan Kader anti Narkoba ini dapat terintegrasi dan bersinergi dengan program Pemerintah dalam pencegahan peredaran Narkoba," kata Alfario.


    Alfario meminta agar Kader-kader pemuda anti Narkoba yang saat ini sedang mengikuti pelatihan dapat memberikan pencerahan dan penyadaran kepada masyarakat sekaligus melakukan  deteksi dini terhadap peredaran Narkoba di kampungnya masing-masing. “Kami sangat mendukung jika ada inisiatif dari masyarakat, terutama anak-anak muda yang punya semangat kuat untuk menggerakkan Anak Kampong Bebas Narkoba," harapnya.


    Dalam kesempatan ini Alfario juga menyampaikan permohonan maaf, karena Bupati belum sempat hadir dalam kegiatan Pelatihan Kader Pemuda Anti Narkoba ini karena sedang dinas keluar kota. “saya juga menyampaikan permohonan maaf, Pak Bupati belum sempat hadir di tengah-tengah kita, karena sedang tugas luar kota," ujar Alfario.


    Sementara itu, Robo Tukonuli selaku Koordinator Kader Pemuda Anti Narkoba kabupaten Buru Selatan mengaku akan melakukan tindakan nyata setelah melakukan pelatihan Anti Narkoba ini dalam bentuk desa dampingan bebas Narkoba. “Kami bersama-sama dengan kader anti Narkoba yg lain akan melakukan desa binaan Kampung Bebas Narkoba, ini penting karena kita dikelilingi lautan bebas dimana Narkoba bisa masuk kapan dan dimana saja," ujarnya.


    Hal yang sama juga disampiakan oleh Tamrin Rumalessi, selaku Koordinator Gema Desantara Provinsi Maluku. Thamrin menyatakan siap mengawal agenda-agenda kedepan yang akan dilakukan oleh Kader Pemuda Anti Narkoba. “Semangat teman-teman dalam memberantas narkoba sungguh sangat kami apresiasi, kami siap kawal sehingga setelah kegiatan pelatihan ini banyak hal yang bermanfaat bagi masyarakat luas yang dapat kita lakukan bersama," ungkap Thamrin.


    Tamrin juga berharap, semoga kedepan Pemda Buru Selatan dapat lebih memperhatikan persoalan Narkoba. Sebab tanpa peran aktif dan dukungan pemerintah, partisipasi masyarakat, terutama kalangan pemuda kampung akan menghadapi banyak kendala. “kita berharap, pemerintah dapat memfasilitasi semangat anak-anak muda yang konsen di bidang pencegahan Narkoba, tanpa itu kita akan sulit bergerak," pungkasnya. (KT/Rls)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Gema Desantara dan Pemda Bursel Gagas Anak Kampung Bebas Narkoba Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top