• Headline News

    Tuesday, July 23, 2019

    Bupati Minta Masyarakat Pelihara Nilai-Nilai Budaya


    Lagu Terbaik Tahun 2021


    Namolre, Kompastimur.com
    Bupati Buru Selatan (Bursel) Tagop Sudarsono Soulissa meminta kepada seluruh masyarakat Bursel agar memelihara tatanan adat dan budaya milik Pulau Buru terkhususnya Kabupaten Bursel.

    Hal ini dikatakan Bupati karena menurutnya Kabupaten Bursel lahir dari tatanan budaya dan adat istiadat yang selalu dijunjung tinggi tradisi dan kearifan lokal.

    “Saya berpesan kepada kita semua yang menghadiri upacara HUT Kabupaten ini tetap berkomitmen dan merawat nilai-nilai budaya adat di Pulau Buru dan pada khususnya di Bursel kita. Terus menggunakan Ifutin sebagai mahkota orang Buru, maka kita mesti menjujung tinggi adat istiadat karena ini yang memotivasi kita untuk terus berkarya sampai saat ini,” ujar Bupati dalam sambutannya saat memimpin upacara peringatan HUT Kabupaten Bursel ke 11 di depan Kantor Bupati, Senin (22/07/2019).

    Selain itu, lanjut Tagop, pada sambutan di acara-cara penting harus pula menggunakan sapaan Moan Modan agar kearifan lokal kita terus hidup dalam sejarah kehidupan kita.

    Tagop mengajak, mari kita beri apresiasi pada ritme pembangunan yang terus bergerak, dan terus harmonis maju kedepan dan terus berkembangn dengan hirup pikuk dinamika, suka duka dan akhirnya membawakan hasil yang maksimal bagi kita semua yang hari ini mendiami negeri Fuka Bipolo ini dan menikmati berkah Bursel.

    Sejalan dengan hal tersebut, katanya, sesuai dengan Undang-Undang nomor 32 tahun 2008 tentang Pembentukan Bursel tanggal 21 Juli 2008 merupakan identitas dan jati diri masyarakat Bursel sebagai daerah otonom yang berhak mengatur dan mengurus daerahnya sendiri untuk kepentingan dan kesejahteran masyarakatnya.

    Dikatakan, kebijakan dalam dunia pendidikan di Kabupaten Bursel berdasarkan dokumen RPJMD tahun 2016-2021 lebih difokuskan pada pembangunan sarana dan prasarana pendidikan bermutu di seluruh wilayah, penguatan SDM aparatur, penguatan SDM tenaga pendidik dan kependidikan, pemberian beasiswa untuk siswa berprestasi, pembangunan sekolah kejuruan berbasis kebutuhan lokal.

    Katanya lagi, pemerintah Kabupaten Bursel| juga telah menetapkan berbagai program strategis sesuai visi yaitu mewujudkan kemandirian Bursel yang berkelanjutan sebagai kabupaten yang rukun berbasi agromarin yang dituangkan dalam misi sekaligus berkenisambungan dan sekaligus pemantapan kualitas pembangunan.

    “Dari misi tersbut menunjukan sikap kebijakan pemerintah Kabupaten Bursel kepada semua elemen yang ada di Bursel dengan terus mewujudkan Kabupaten Bursel yang lebih mandiri dan berkesinambungan rukun dan agromarin sejalan dengan Nawajita pemerintah pusat,” ucapnya.

    Oleh karena itu, maka pengembangan sumber daya manusia adalah modal penting dalam dunia pembangunan untuk mencapai target pembangunan tersebut.

    “Haruslah kita akui target-target pembangunan tidak tercapai dengan sempurna karena kebutuhan pembangunan saat ini begitu kompleks dan dinamis,” ungkapnya.

    Dimana, lanjutnya, pertumbuhan ekonomi pembangunan membutuhkan dukungan yang baik dari semua stake holder. Disamping itu juga sarana dan prasarana transportasi telah dibenahi ke arah yang lebih baik, mulai dari sarana transporatis darat, laut dan udara.

    “Oleh karena itu, pemerintah Bursel terus berupaya meningkatkan kualitas infrastruktur sesuai dengan kewenangan dan ketersediaan anggaran yang dimiliki oleh Pemda Bursel,” ujarnya.

    Diakuinya, masih sangat banyak wilayah Bursel yang memerlukan dukungan-dukungan peningkatan infrastruktur guna mendekatkan jarak pada wilayah kabupaten.

    “Kita bersyukur pelayanan pembangunan, dunia pendidikan dan kesehatan sedikit banyak telah menunjukan hasil yang baik. Oleh karena itu, pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada seluruh satake holder terkait upaya-upaya yang telah dilakukan khususnya kepada lembaga pendidik, lembaga kesehatan dan lembaga-lembaga sosial lainnya,” ucapnya. (KT/01)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bupati Minta Masyarakat Pelihara Nilai-Nilai Budaya Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top