• Headline News

    Monday, July 22, 2019

    Amus Besan, Putra Maluku Layak Jadi Pimpinan KPK


    Lagu Terbaik Tahun 2021

    Release, Kompastimur.com 
    Akhir-akhir ini proses seleksi Calon Pimpinan KPK cukup mendapat ekspos media yang luar biasa,  hampir semua media massa maupun media cetak memberitakan proses seleksi capim KPK. Selain  isu komposisi menteri kabinet baru jokowi, isu yang saat ini seksi (jadi sorotan publik) adalah proses seleksi capim KPK. Saat ini, proses seleksi Capim KPK telah sampai pada tahap kedua, setelah sebelumnya Pansel KPK sudah merampungkan seleksi administrasi dan sudah menyaring 192 orang dari 376 pendaftar capim KPK. Kemarin, pada 18 juli lalu pansel mengadakan uji kompetensi Capim KPK.

    Proses uji kompetensi ini menurut ketua Pansel KPK, Yenti garnasih yaitu bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dan pengetahuan capim KPK terkait pemberantasan  Korupsi. Diharapkan para Capim yang lolos seleksi adalah mereka yang benar-benar memiliki kompetensi dalam hal pemberantasan korupsi, baik itu dalam hal Pencegahan, Penyidikan maupun Penindakan Korupsi.

    Dari 192 capim KPK yang lolos seleksi administrasi, Amus Besan, SH merupakan salah satu putra timur terbaik yang lolos pada tahap ini, saya pikir beliau layak dipertimbangkan Pansel KPK untuk menjadi Pimpinan KPK periode 2019-2023. beliau sudah lama malang melintang dalam dunia penyidikan, pengalaman panjang beliau dan kemampuannya sangat dibutuhkan pimpinan KPK periode mendatang. Kemampuan dan keberanian beliau layak menjadi bahan pertimbangan pansel KPK. Beliau pernah menjadi salah satu tim penyidik di Mabes Polri dalam Pengusutan kasus Megakorupsi Wisma Atlet yang melibatkan mantan Menpora Andi Malarangeng.

    Dari sisi track record (rekam jejak), Bapak Amus Besan layak menjadi salah satu pimpinan lembaga Antirasuah ini. beliau pernah menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Aru, Kasat Narkoba Polres Buru, KBO Reskrim Polres Malteng dan juga Panit Tipikor (Tindak Pidana Korupsi) Ditreskrimsus Polda Maluku pada tahun 2011-2013. Beliau juga peraih penghargaan Satya Lencana VIII dan XVI dari POLRI serta peraih Satya Lencana Dharma Nusa dari SETMIL Kepresidenan pada tahun 2014. Amus besan juga saat ini merupakan Wakil Bupati aktif, beliau bersedia menanggalkan jabatannya jika terpilih menjadi komisioner KPK, itu komitmen beliau, memilih  lahan pengabdian dalam skup yang lebih besar dan memberikan kontribusi yang terbaik untuk tanah air.

    Untuk itu harapan besar saya agar pansel KPK mengakomodir salah satu putra terbaik Indonesia timur ini, dari segi kompetensi dan integritas saya rasa beliau sudah teruji dan layak menjadi pimpinan KPK periode mendatang. Saran saya untuk Pansel KPK, selain dari sisi kompetensi pansel KPK juga sebaiknya mempertimbangkan representasi wilayah (timur), sebab selama ini KPK dari periode pertama hingga ini, umumnya didominasi oleh mereka yang dari wilayah barat Indonesia. Dengan demikian diharapkan pansel KPK bijak dalam mengambil keputusan dan menggunakan pertimbangan yang adil untuk semua. sehingga kedepan pimpinan KPK dapat disupport oleh seluruh masyarakat Indonesia dalam memberantas korupsi.

    Saat ini, seluruh masyarakat Indonesia menaruh harapan yang besar kepada Pansel KPK agar dapat melakukan proses seleksi dengan baik, sehingga mampu menghasilkan Pimpinan KPK  yang punya integritas tinggi, Komimen serta Keberanian dalam memberantas kasus korupsi yang sudah lama menjadi penyakit kronis dan menghambat kemajuan di negeri ini. (KT/Amirudin Dawan)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Amus Besan, Putra Maluku Layak Jadi Pimpinan KPK Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top