• Headline News





    Saturday, June 22, 2019

    Wagub Buka Musprov IV Kadin Maluku Utara


    Lagu Terbaik Tahun 2021


    Sofifi, Kompastimur.com
    Wakil Gubernur Maluku Utara, Ir. M. Al Yasin Ali, membuka secara resmi Musyawarah Provinsi (Musprov) ke IV Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Maluku Utara, Jumat (21/6) malam kemarin, yang berlangsung di Grand dafam Hotel, Kota Ternate.

    Dalam pers rilis yang di terima, dijelaskan bahwa Wagub dalam kesempatan itu berharap bahwa, Musyawarah Provinsi ke IV Kadin Maluku Utara ini dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai yang diharapkan.

    "Saya berharap musyawarah ini dapat berjalan tertib, aman dan dapat menghasilkan sesuatu yang terbaik bagi keberlangsungan organisasi Kadin pada umumnya di Indonesia, dan Maluku Utara pada khususnya," ungkapnya.

    Wagub menjelaskan, berdasarkan UU Nomor 1 tahun 1987, Kadin merupakan satu-satunya organisasi yang mewadahi para pengusaha Indonesia. Hal itu juga yang menjadi landasan organisasi AD-ART Kadin yang disahkan melalui Keppres Nomor 17 tahun 2010.

    "Sebagai wadah pengusaha Indonesia, maka suda saatnya Kadin Indonesia lebih giat membantu, membangun dan meletakan perekonomian bangsa ini, demi mewujudkan kehidupan ekonomi dan dunia usaha nasional yang sehat dan tertib berdasarkan pasal 33 UUD 1945," ucapnya.

    Terkait dengan pembangunan perekonomian lanjut Wagub, pola perdagangan bebas (pasar global) yang terbuka seperti saat ini sesungguhnya bukan tantangan dunia usaha saja, akan tetapi realitas perdagangan dunia pada abad 21 secara langsung, memiliki konsekuensi logis bagi pemerintah, masyarakat, dunia politik serta sosial budaya bahkan ketahanan dan keamanan negara. Olehnya itu menurut Wagub, Kadin sebagi salah satu organisasi profesi perlu sama-sama dengan pemerintah, dunia usaha dan segenap lapisan masyarakat, perlu merumuskan suatu kebijakan strategis yang dapat diimplementasikan, serta melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi resiko pembatasan ekonomi dunia.

    Wagub juga menjelaskan bahwa, Musprov yang dilakukan ini merupakan amanah dalam pengambilan keputusan tertinggi organisasi, untuk melakukan evaluasi kinerja atau program yang telah dilakukan, serta akan menyusun program dengan kepengurusan baru yang akan datang.

    "Saya mengajak kepada segenap jajaran Kadin Maluku Utara, agar dalam menyusun program lebih menitiberatkan pada permasalahan yang dihadapi oleh daerah maupun bangsa saat ini. Terutama permasalahan di bidang ekonomi dan dunia usaha, Kadin pasti tahu persis, kemana langkah yang ditujuh dalam pembangunan di Indonesia ini," jelasnya.


    Sementara itu, Wakil Ketua Umum bidang Organisasi, Keanggotaan dan Pemberdayaan (OKP) Kadin Indonesia, Anindya Bakrie, dalam sambutannya mengatakan bahwa Musprov ini bukan saja amanah organisasi yang harus dilaksanakan setiap 5 tahun sekali, melainkan ini juga bagian dari forum diskusi dan silaturahmi sekaligus memikirkan bagaimana cara agar daerah Maluku Utara bisa berkembang maju sejajar dengan daerah lainnya di Indonesia.

    "Memang menurut data yang diperoleh, rata-rata pertumbuhan ekonomi di Maluku Utara suda hampir 8 persen, itu merupakan angka yang telah melebihi target nasional. Akan tetapi, pertumbuhan itu tidak dibarengi dengan jumlah angka kemiskinan yang masih tinggi secara rata-rata nasional. Olehnya itu, saya mengajak mari sama-sama kita melihat peluang (pertumbuhan industri dan sektor jasa) untuk meningkatkan perekonomian di Maluku Utara," ujarnya.


    Direktur Bakrie grup ini juga mengungkapkan, Maluku Utara suda seharusnya memikirkan cara yang tepat untuk ikut berkembang dalam industri Perikanan, Pariwiata, Pertambangan dan lain sebagainya,

    "Teman-teman Kadin di Maluku Utara, harus dapat bersinergi dengan pemerintah daerah, sebab ini merupakan industri yang bernilai tambah untuk masa depan demi kesejahteraan masyarakat Maluku Utara," katanya.

    Senada dengan itu, Ketua Kadin Maluku Utara, Adam Marsaoly, mengatakan bahwa, yang menjadi persoalan saat ini di Maluku Utara adalah, belum terkelolanya sumber daya dengan baik.

    "Kita punya Laut dengan berbagai keanakeragaman yang ada didalamnya, kita punya wisata budaya, wisata kuliner, kita punya sumberdaya mineral, yang ini semua harus kita bersinergi untuk dikelolah sacara baik,  sehingga masyarakat Maluku Utara bisa sejahtera," akunya. (KT/MST/Hms)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wagub Buka Musprov IV Kadin Maluku Utara Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top