• Headline News


    Friday, June 21, 2019

    Unik, Si Kembar dan Dosennya Saling Berlomba di Final MMQ



    Namlea, Kompastimur.com 
    Perlombaan MTQ Propinsi Maluku ke XXVIII di Kota Namlea, banyak dibumbui cerita menarik. Ada adik dan kakak saling berlomba menggapai final dan ada saudara kembar yang berlomba di final dan melibatkan pula sang guru dan ketiganya mewakili daerah masing-masing.

    Seperti yang dialami Muhammad Iqbal, peserta putra dari Kabupaten Buru yang hari Kamis (20/6) berlomba di final untuk Cabang Musabaqah Makalah Quran (MMQ) yang berlangsung di aula BKDESDM, Kamis (20/6).

    Sebelum perlombaan, Iqbal terlihat duduk bersebelahan dengan seorang peserta yang wajahnya pinang dibelah dua .Tidak jauh dari keduanya ada juga peserta dari Kota Ambon bernama Abdul Rivan Syarif, yang sehari-harinya mengajar di IAIN Ambon.

    Ketika didekati dan diambil gambar, baru Iqbal buka suara kalau yang duduk di sebelahnya adalah saudara kembarnya , Muhammad Muzni.

    Tapi dalam final kali ini, Iqbal dan saudaranya itu harus saling berlomba mencapai tangga juara. Saudaranya mewakili Kabupaten Kepulauan Aru.

    Yang menghebohkan lagi, lawan dari Kota Ambon juga orang yang sangat dihormati mereka saat masih berkuliah di IAIN Ambon. " Beliau dosen kami," akui Iqbal.

    Kini Iqbal dan kembarannya itu sudah tidak lagi kuliah di IAIN. Keduanya sudah menamatkan pendidikan di sana hanya dalam tempo tiga tahun enam bulan.

    Iqbal ikut ortunya yang masih menjabat sebagai kepala sekolah salah satu SMK di Buru, sedangkan kembarannya di Aru.

    Kini Iqbal harus berlomba dengan kembarannya dan juga dosennya. Karena itu, ia dengan polos mengakui sempat nervous.

    Saat tampil di perlombaan, rasa nervous itu sempat kelihatan saat ia memaparkan makalah, berdebat dan menjawab dewan hakim.

    Namun dia dapat melalui semua itu dengan baik. "Alhamdulillah, selesai juga. Insya Allah saya tidak mengecewakan," ujarnya singkat.

    Dalam Cabang MMQ ini, Kabupaten Buru hanya mampu meloloskan peserta putra ke partai final.
    Sedangkan untuk kategori putri gagal di babak penyisihan. Sedangkan Kabupaten Kepulauan Aru bukan hanya loloskan peserta putra namun peserta putri MMQ juga gapai final.

    Dari pagi  hingga malam seluruh cabang lomba di partai final telah selesai dilombakan. Ketua Majelis hakim, KH RR Hasanussi terlihat terus berkeliling memonitor perlombaan di beberapa lokasi.

    Hasil akhirnya juga belum diumumkan dewan hakim. Baru cabang Fahmil Quran putra dan putri yang dapat langsung diketahui juaranya.

    Yang lainnya akan diumumkan juaranya oleh dewan hakim saat penutupan Jumat malam (21/6) yang rencananya ditutup oleh Ketua DPRD Maluku.

    Di cabang Fahmil Qur'an sudah dapat dipastikan, Kabupaten Buru Selatan dari kategori putra yang meraih juara pertama dan Kota Tual kategori putri juga meraih juara pertama.

    Sedangkan Kabupaten Malra dan tuan rumah yang sama-sama capai final Fahmil putra dan putri, harus puas di urutan kedua dan ketiga. Semua perlombaan berjalan lancar dan kita hanya menunggu pungumuman siapa sang juara umum MTQ ke-28 ini, apakah masih kabupaten Bursel sebagai juara bertahan atauka Kabupaten Bursel harus merelahkan juba juaranya disandang kabupaten lain. Kitss tunggu hasilnya. (KT/10)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Unik, Si Kembar dan Dosennya Saling Berlomba di Final MMQ Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top