• Headline News


    Sunday, June 23, 2019

    Raih Juara Pertama MMQ, Iqbal Dapat Hadiah Umroh



    Namlea, Kompastimur.com 
    Salah Satu peserta Kafila dari Kabupaten Buru Muhammad Iqbal yang keluar sebagai juara pertama Musabaqah Makalah Quran (MMQ) Tingkat Propinsi Maluku ke 28 mengaku senang mendapat hadiah ibadah umroh dari Bupati Buru.

    Iqbal, remaja berusia 21 tahun ini menyampaikan rasa gembiranya saat berbincang dengan wartawan, kemarin, 24 Jini 2019.

    Sarjana IAIN Ambon yang lulus dengan predikat terbaik ini menggapai juara pertama setelah di perlombaan final mampu mengalahkan saudara kembarnya Muhammad Muzni dan dosennya selama berkuliah di IAIN Ambon, Abdul Rivan Syarif.

    Bupati Buru, Ramly Ibrahim Umasugi pada Jumat malam lalu (21/6) menyampaikan rasa suka citanya atas capaian tuan rumah yang keluar sebagai juara umum, dengan cara mengumrohkan Muhammad Iqbal dkk yang meraih juara pertama.

    Atas hadiah tidak terduga itu, Iqbal mengaku sangat berterima kasih sekali kepada bupati.

    Hanya sayangnya, kembarannya tidak bisa pergi bersama.  Dalam perlombaan kemarin, sodaranya itu mewakili Kabupaten Kepulauan Aru." Sangat indah, kalau bisa berangkat bersama kakak kembaran saya Muzni," ujarnya polos.

    Saat diumumkan sebagai juara pertama Iqbal mengaku kakak kembarnya sudah turut memberi ucapan selamat. Kakaknya di perlombaan ini meraih juara ketiga dan dosennya dari Kota Ambon, Abdul Rivan Syarif menempati posisi kedua.

    Iqbal dan kembarannya lahir di Namrole karena ortunya bertugas sebagai guru di sana. Dan mengikuti arang tuanya yang berpindah tempat mengajar dan kini menjadi Kepala SMK LKMD Jamilu, Iqbal menempuh pendidikan SMPB 5 dan SMAN 2 di kota Namlea.

    Tamat dari SMAN 2 Namlea, Iqbal melanjutkan studi di IAIN Ambon dan hanya membutuhkan waktu 3,5 tahun untuk merampungkan studi S1.

    Selama di IAIN Ambon ini ia dan kembarannya dibimbing oleh Abdul Rivan Syarif, sehingga di MTQ ke 28 keduanya berani mengikuti Cabang MMQ tingkat propinsi setelah di event kabupaten keduanya lolos sebagai juara pertama. Hanya kakaknya Muzni berlomba mewakili Aru.

    Iqbal bercerita, ia banyak belajar dari dosennya Abdul Rivan Syarif. Dosennya itu telah dua kali mewakili Propinsi Maluku berturut turut di event MTQ Nasional.

    "Saya belajar banyak dari beliau. Saya sudah mengambil ilmu beliau. Dan di final saya yakin dapat mengalahkan beliau dengan menggunakan ilmu yang beliau ajarkan kepada saya," katanya polos.

    Kini Iqbal mengaku sedang menempuh studi lanjutan strata dua (S2) di almamaternya IAIN Ambon. 

    Ia masih punya cita-cita kelak menjadi seorang profesor di bidang ilmu Alquran.

    Bupati Buru, Ramly Ibrahim Umasugi sangat mensuport cita-cita putra Bupolo ini.

    "Anak muda yang punya semangat bersekolah dan menempuh pendidikan yang lebih tinggi akan kami dukung. Ini sejalan dengan program pemerintah gelora dan gencar," ujar Bupati. (KT/10)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Raih Juara Pertama MMQ, Iqbal Dapat Hadiah Umroh Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top