• Headline News


    Wednesday, June 26, 2019

    Pemda SBT Gelar Bimtek Akuntansi dan Aplikasi Persediaan


    SBT, Kompastimur.com 
    Untuk meningkatkan sumber daya manusia, Pemda SBT resmi menggelar sosialisasi akuntansi dan aplikasi persediaan. Kegiatan ini berdasarkan kerja sama Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku dengan pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT). Kegiatan ini berlansung di lantai 2 Kantor Bupati SBT pada, Rabu (26/06/2019).

    Kegiatan yang dihadiri oleh 48 peserta bimtek ini dibuka oleh Sekda SBT, Syarif Makmur. Bupati SBT Abd. Mukti Keliobas dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekda SBT ini menjelaskan, tujuan pelaksanaan Bimtek ini adalah sebagai sarana pembekalan pemahaman terkait dengan standar akuntansi serta kebijakan dan sistem akuntansi pemerintah yang berbasis akrual dalam hal ini, pengelolaan  dan persediaan.

    “Agar setelah ini Pemkab SBT memiliki SDM yang mampu melaksanakan proses penyusunan laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi pemerintah yang berbasis akrual tersebut,” tuturnya.

    Selain itu, Pengelolaan aset merupakan faktor penting, dalam pengelolaan keuangan, dimana persediaan tersebut baik dari sisi akuntansi maupun pengelolaan fisiknya, perlu mendapat perhatian dari Pemda, mengingat nilai persediaan yang dikelola pada tahun 2018 oleh Pemda sebesar RP 7,5 Milyar.

    “Nilai yang sebesar ini apabila tidak dikelola dengan baik maka akan menyebabkan permasalahan, terutama pada kualitas laporan keuangan yang mencerminkan pengelola aset daerah," tegasnya.

    Menurutnya, peningkatan pemahaman tidak hanya berhenti pada tingkat pejabat saja, Namun yang lebih penting lagi, pemahaman terhadap pengelolaan keuangan dengan aset dilevel operator pada setiap satuan kerja perangkat daerah.

    Menutupi sambutan ini, dirinya berharap semoga para peserta bimtek dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baik mungkin.

    “Diskusikan semua permasalahan untuk mendapatkan solusi yang baik sehingga dengan adanya bimtek ini kita dapat memperoleh manfaat dan bekal yang lebih baik dalam menyusun laporan keuangan daerah yang berbasis akrual kedepan nantinya,” himbaunya. (KT/FS)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pemda SBT Gelar Bimtek Akuntansi dan Aplikasi Persediaan Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top