• Headline News





    Thursday, June 27, 2019

    Louhenapessy : Stunting Dapat Dicegah


    Lagu Terbaik Tahun 2021


    Ambon, Kompastimur.com  
    Stunting adalah sebuah kondisi di mana tinggi badan seseorang jauh lebih pendek dibandingkan tinggi badan orang seusianya. Dimana anak mengalami gangguan pertumbuhan sehingga menyebabkan tubuhnya lebih pendek ketimbang teman-teman.

    Penyebab utama stunting adalah kekurangan gizi kronis sejak bayi dalam kandungan hingga masa awal anak lahir yang biasanya tampak setelah anak berusia 2 tahun.
    Namun, sebenaranya Stunting ini dapat dicegah dan dihindari.

    Walikota Ambon, Richard Louhenapessy kepada wartawan menjelaskan stunting merupakan masalah kesehatan anak yang dapat dicegah.

    Pencegahannya dengan cara harus memperbaiki pola makan, perbaikan terhadap pola asuh, dan perbaikan terhadap sanitasi dan akses arisi.

    “Stunting merupakan ancaman utama terhadap kualitas manusia di Indonesia dan juga ancaman daya saing bangsa ini termasuk generasi muda penerus bangsa di Kota Ambon,” katanya.

    Hal ini karena stunting ini bukan hanya menggagu pertumbuhan fisik anak, melainkan terganggu perkembangan otak yang tentu saja akan sangat mempengaruhi kemampuan serta prestasi, kreativitas anak di usia produktif saat disekolah dan lingkungannya.


    Ia mengakui, kondisi tubuh anak yang pendek, seringkali dikatakan sebagai faktor keturunan sehingga banyak masyarakat yang hanya menerima tanpa berbuat apa-apa untuk mencegahnya.

    Padahal, lanjutnya dalam sambutan pada worskop penanggulangan stunting yang dibacakan Asisten I, Mien Tupamahu, dan diikuti para Kader Bina Keluarga Balita (BKB) Kota Ambon yang berlangsung di Hotel Marina, Rabu (26/6), semua perlu mengetahui, genetika merupakan faktor yang paling penting dibidang kesehatan bila dibandingkan dengan faktor lingkungan dan pelayanan kesehatan.

    “Pola asuh dan status gizi sangat dipengaruhi oleh pemahaman orang tua dalam mengatur kesehtan dan gizi di keluarganya.,” ujarnya.

    Dikatakan demikian, karena ini merupakan edukasi yang terus menerus sangat diperlukan agar dapat mengubah perilaku yang bisa mengarah pada peningkatan gizi ibu dan anaknya.

    “Jika kita memahami dengan sungguh-sungguh apa itu stunting dan bagaimana upaya dan tindakan otentik pencegahannya, maka kita dapat mencegah stunting pada generasi masa depan di Kota Ambon,” imbuhnya. (KT/12)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Louhenapessy : Stunting Dapat Dicegah Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top