• Headline News


    Sunday, June 23, 2019

    Kafilah Ambon Cetak Sejarah Di MTQ XXVIII



    Ambon, Kompastimur.com 
    Kafila yang tergabung dalam kontingen Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Kota Ambon mengukir sejarah baru pada perhelatan MTQ XXVIII Tingkat Provinsi Maluku yang akan dilaksanakan di Namlea, Kabupaten Pulau Buru, 13-21 Juni 2019.

    H,M Arsad Namsa, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Ambon, yang dihubungi wartawan via selulernya mengatakan, prestasi itu ditorehkan kontingen Kota Ambon setelah berhasil keluar sebagai juara II pada ajang lomba MTQ tersebut.

    ‘’Ini merupakan sebuah sejarah baru yang kami ukir di Buru. Setelah 4 kali berturut-turut ajang yang sama Kota Ambon selalu berada di urutan IV, kini kami naik ke posisi II. Ini suatu prestasi yang patut kami syukuri bersama,’’ ungkapnya.

    mantan Kepala Dinas Sosial Kota Ambon ini menuturkan, dukungan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon sangat membantu kontingen MTQ kota ini dalam persiapan maupun saat lomba berlangsung.

    ‘’Sudah pasti, kami harus sampaikan apreseasi atas dukungan penuh Pemkot Ambon bagi kontingen MTQ dan juga LPTQ. Pemerintah suportnya sangat luar biasa bagi kami,’’ akuinya.

    Diketahui, jumlah  cabang yang akan diikuti Ambon di MTQ provinsi yakni 6 dari 7 cabang yakni cabang Tilawah, Hifzil Qur’an, Fahmil Qur’an, Syahril Qur;an, Khat Qur’an dan Karya Ilmiah Qur’an.


    Sementara jumlah kafilah MTQ Kota Ambon yang akan mengikuti ajang ini berjumlah 78 orang dengan rincian 38 peserta, serta 40 lainnya yang terdiri dari official, petugas pawai ta’aruf, petugas pameran, peserta Rakerda LPTQ, pendamping  serta kolaborasi musik.

    ‘’Jadi, target kami tercapai, yakni naik dari peringkat IV ke peringkat II sesuai janji kami saat pelepasan kontingen beberapa waktu lalu di aula lantai II balai kota,’’ terangnya.

    Menurutnya, Prestasi ini dinilainya sebagai buah manis dari kesiapan yang dilakukan selama ini dengan mendatangkan pelatih tingkat nasional dan dukungan pelatih local yang berkualitas, serta pendaftaran online yang memutus rantai peserta luar Maluku membela kontingen dari kabupaten/kota di Maluku.

    Disebutkannya, selain juara pada beberapa mata lomba, Kota Ambon juga meraih juara 2 pada ajang pawai ta’aruf, dan berhasil menyemarakan suasana di pameran MTQ dan juga pada panggung-panggung yang dilaksanakan di ajang tersebut. Sebab Ambon menyertakan 13 peserta music kolaborasi ke Buru untuk menyemarakan ajang tersebut.

    “Kita juara pada mata lomba diantaranya Karya Ilmiah Qur’an, Hifzil Qur’an 1 jus golongan kanak-kanak, dan juara dua untuk pawai ta’aruf dan pameran, kami mengusung tema Ambon Kota Musik,’’ rincinya. (KT/12)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kafilah Ambon Cetak Sejarah Di MTQ XXVIII Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top