• Headline News


    Tuesday, June 4, 2019

    Gunakan PAD 2019, Kepala Desa Taniwel Bayar Intensif 4 Guru Honor

    Lagu Terbaik Tahun 2021

    Taniwel, Kompastimur.com
    Kemajuan dan sejahterahnya masyarakat ada pada pemimpinnya, apalagi desa yang banyak memiliki penghasilan bagaimana cara mengelolah kekayaan desa itu untuk kepentingan masyarakat.

    Demikian ini terjadi pada Desa Taniwel Kecamatan Taniwel Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), dimana dengan adanya Pendapat Asli Desa (PAD) yang bersumber dari distribusi galian C, restribusi pasar serta 10% dari keuntungan BUMDES dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah setempat.

    Dimana, PAD tersebut digunakan untuk membayar intensif dua guru honor SMP Negeri 1 Taniwel dan dua guru honor Bahasa Inggris pada Sekolah Dasar (SD) di Desa Taniwel.

    Hal ini disampaikan Andre Latue Kepala Desa Taniwel melalui pers rilisnya yang diterima Kompastimur.com, Selasa (04/06). Dikatakan pembayaran intensif empat guru honor dengan menggunakan PAD, meskipun tidak pembayaran ini tidak termasuk dalam program desa dalam penjabarar pada penggunaan ADD dan DD Desa Taniwel.

    "Setiap bulan intensif itu dibayar, dengan perbulan perorang guru honor mendapatkan Rp 500,000 untuk guru SMP atas nama Yana Ahiyate, dan Leny  Lumamina. Untuk 2 guru honor bahasa inggris yakni Debby Soumahu pada SD Kristen Taniwel dan Yossy Tupan pada SD Inpres Taniwel," ujar Latue.

    Ditambahkannya, bukan saja guru honor yang dibayar lewat PAD Taniwel yang bersumber dari distribusi galian C, retribusi pasar, serta 10% dari keuntungan BUMDES tetapi ada bantuan-bantuan lain yang diberikan oleh pemerintah desa tersebut.

    "Ada pula bantuan untuk mahasiswa tingkat penelitian, bantuan untuk mahasiswa miskin, bantuan pembangunan pagar sekolah untuk 2 SD, bantuan pembangunan pagar untuk 2 Gereja serta bantuan untuk anggota masyarakat yang dirujuk ke Piru/Ambon karena sakit," ungkapnya.

    Latue pun membeberkan ditahun 2019 ini target Pendapatan Alokasi Desa (PAD) Desa Taniwel sebesar 76.000,000 pertahun.Dan itu sudah ditetapkan besar anggaran untuk tiap kegiatan dalam APBdes 2019.

    “APBdes ini telah dibahas bersama BPD untuk mendapat persetujuan BPD" Bebernya.

    Latue berharap adanya kerja sama BPD untuk dapat mencapai target PAD tahun 2019 sebanyak 76.000.000.

    “Saya meminta pula dukungan masyarakat Taniwel untuk bersama - sama membangun Desa Taniwel agar tahun- tahun yang akan datang PAD Taniwel dapat meningkat lagi," harap. (KT/MFS)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Gunakan PAD 2019, Kepala Desa Taniwel Bayar Intensif 4 Guru Honor Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top