• Headline News


    Saturday, June 1, 2019

    Buka Jambore Oikumene ke II, Hukunala Ingin Pribadi Anak Dibentuk


    Namrole, Kompastimur.com 
    Sekretaris Klasis Gereje Protestan Maluku (GPM) Buru Selatan Pdt Seles Hukunala dalam arahannya saat membuka kegiatan Temu Anak dan Remaja Denominasi Gereja (Jambore Oikumene)  yang berpusat di Desa Waenono, Jumat (31/05) dapat membetuk karakter anak agar menjadi pribadi yang pintar baik secara intelektual maupun spiritual.

    Hukunala katakan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara dalam membentuk jati diri dan karakter anak-anak bangsa sehingga gereja juga turut mengambil andil dalam pembentukan karakter dari pendidikan anak-anak bangsa yang ada di Desa Waenono maupun Desa Kamlanglale.

    “Gereja pun memiliki tanggung jawab yang sama dalam membentuk karakter pendidikan dari anak-anak yang ada di jemaat ini. Pendidikan formal maupun informal dalam membentuk karakter dan sumber daya anak menjadi penerus bangsa sudah pasti menjadi tanggung jawab Gereja dan kita semua,” ujar Hukunala.
     
    Sekretaris Klasis Gereje Protestan Maluku (GPM) Buru Selatan Pdt Seles Hukunala
    Hukunala memuji ketua Jemaat Waekam-Kamlanglale (Waekam), Pdt. Nita Mairima dan seluruh jemaat yang sudah berperan aktif dalam mensuport kegiatan Jambore lintas gereja yang diikuti oleh 78 anak dan 15 pendamping itu.

    “Kami dari MPK berterima kasih karena Waekam sudah menjadi pelopor Jambore Oikumene yang pertama dan ini menjadi acuan bagi kami untuk meningkatkannya di tingkat-tingkat selanjutnya,” ujar Hukunala.

    Ia berharap kegiatan Jambore Oikumene ini dalam proses hingga selesai nanti mendapat dukungan dari semua pihak baik itu, unsur pemerintah desa, maupun jemaat lintas gereja yang ada di dua desa tersebut.

    “Kami berharap kegiatan ini dibantu dan didukung oleh semua pihak untuk mencerdaskan anak-anak kita menjadi anak-anak yang berkualitas dan mampu bersaing dengan dunia modern tanpa melupakan Tuhan,” ucapnya.

    Ketua Majelis Jemaat GPM Waekam Pdt. Nita Mairima pada kegiatan itu menjelaskan Jambore dengan melibatkan semua gereja yang ada di Desa Waenono dan Desa Kamlanglale ini merupakan suatu kebanggaan dalam mejalin sebuah kebersamaan yang harmonis lintas iman.
    Ketua Majelis Jemaat GPM Waekam Pdt Nita Mairima

    “Temu anak dan remaja lintas gereja yang ada di Desa Wanono dan Desa Kamlanglale ini merupakan suatu kebanggaan. Walaupun kita banyak anggota namun kita adalah satu tubuh (satu Tuhan),” ucap Mairima.

    Dijelaskan, kegiatan ini selain mencerdaskan anak dan remaja Gereja, Jambore Oikumene ini bertujuan untuk memupuk kebersamaan sebagai orang basudar dalam Tuhan.

    “Biarlah anak-anak ini dididik, dibentuk dan dikuatkan karakter pendidikan dan kreatifitasnya. Bukan pandai saja secara spiritual, tetapi juga secara intelektual adalah tujuan kita, sehingga kedepan anak-anak ini dapat menghadapi pemermasalah dalam perkembangan dunia,” paparnya.

    Korwil Angkat Muda Gereja Protestan Maluku daerah Pulau Buru ini juga berterima kasih kepada pemerintah Desa Waenono dan Desa Kamlanglale yang telah mengsupport hingga kegiatan ini dapat berlangsung.

    Sementara Kades Waenono Yance Tasanae dalam sambutannya berharap kepada semua gereja yang ada di desa setempat untuk bisa mengkoordinasikan semua kegiatan yang ada didalam desa terutama kegiatan gereja agar bisa dimasukan dalam program desa.

    “Kami mengapresiasi kegiatan ini dan memberi ruang kepada gereja agar melaporkan kegiatan-kegiatan gereja yang ada di dalam desa ini agar bisa dikombinasikan dengan program desa sehingga bisa diberikan sedikit bantuan dari desa,” ujar Tasane.

    Tambahnya, kalau ada kegiatan seperti ini, bisa dilaporkan ke kami pemerintah desa dan bisa dikoordinasikan sehigga kami bisa memberikan sedikit anggaran demi membantu anak-anak Desa Waekam yang cerdas dan dapat berguna bagi pengembangan daerah ini ke arah yang lebih baik.

    Hadir dalam kegiatan itu, wakil ketua DPRD Burse Gerson Eliezer Selsily, Anggota DPRD Bursel dari PDIP Sami Latbual, para pimpinan umat disemua gereja yang ada di dua desa tersebut. 

    Kegiatan tersebut diikuti oleh anak- anak dari Soa Waelua (Latbual), Soa Wagida (Tasane), Soa Mual (Solissa), Soa Waetemun (Nurlatu) Soa Gewagit (Behuku) dan Soa Masbait (Lesnussa). (KT/02)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Buka Jambore Oikumene ke II, Hukunala Ingin Pribadi Anak Dibentuk Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top