• Headline News


    Tuesday, May 21, 2019

    Polres Akan Kembali Sisir GB


    Namlea, Kompastimur.com
    Polres Pulau Buru akan kembali penyisiran ke Gunung Botak (GB), menyusul adanya laporan bahwa ada sejumlah oknum yang kembali menambang secara ilegal di sana.

    Kapolres Pulau Buru, Ricky Purnama Kertapati ditemui di ruang kerjanya Senin siang (20/5), menjelaskan telah mendapat informasi ada aktifitas ilegal di GB, paska penutupan terakhir November tahun 2018 lalu.

    Menurut Kapolres, tadi pagi ia sudah mengumpulkan beberapa perwiranya, guna membahas masalah GB. "Dalam waktu dekat kita akan kembali menyisir ke GB. Yang nanti kedapatan  menambang akan ditindak," tegas Kapolres.

    Kata kapolres, sejak ditutup secara persuasif, polisi juga terus memotong jalur mata rantai pengolahan emas dengan melakukan penangkapan dan penindakan hukum.

    Namun, upaya itu ternyata belum memberikan efek jerah, sehingga disinyalir ada yang mau mencoba-coba kembali ke GB.
    Ia berharap agar ada komitmen yang jelas dari pemerintah terhadap lokasi tambang ini, sehingga perizinan segera dikeluarkan.

    Sementara itu, pantauan media ini, kalau saat ini personil Polres Pulau Buru dan Kodim 1506/Namlea juga sudah tidak ada yang bertugas di sana.

    Gunung Botak yang begitu luas hanya dijaga beberapa personil brimob dan diawasi pama dari Polda Maluku.
    Longgarnya pengamanan di GB akibat Pemprov Maluku tidak lagi membiayai pengamanan, menyebabkan sejumlah penambang kembali ke sana.

    Mereka bukan hanya main kucing-kucingan dengan melakukan aktifitas sistim kodok-kodok. Tapi ada yang nekad menggunakan sistim tembak larut dengan menggelar karpet di malam hari hingga jelang subuh.

    Bahkan aktifitas bukan hanya terjadi di malam hari di GB, tapi tromol di pemukiman warga juga mulai ada yang berputar.

    Tempat pengolahan yang kedapatan masih mengolah emas dengan bahan baku dari GB, yakni di tromol milik Soleman alias Emang, berlokasi di Desa Dava, Kecamatan Waelata. (KT/10)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Polres Akan Kembali Sisir GB Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top