• Headline News

    Wednesday, April 3, 2019

    Puluhan Rumah di Waesamet Terendam Banjir


    Lagu Terbaik Tahun 2021

    SBT, Kompastimur.com
    Banjir kembali melanda Desa Waesamet Kecamatan Bula Barat, Kabupaten Seram Bagian Timur. Banjir setinggi kurang lebih 2 meter tersebut terjadi pada, Rabu (03/04) dinihari.

    Hal ini dibenarkan oleh Penjabat Desa Waesamet, Ibrahim A.  Rumatumia.

    Dirinya mengatakan, Banjir setinggi 2 meter tersebut, nyaris menenggelamkan puluhan rumah di desa tersebut.

    Banjir ini diakibatkan karena luapan sungai yang semakin besar dan intensitas curah hujan yang semakin tinggi. Selain Rumah, banjir ini juga merendam sejumlah tanaman padi dan tanaman lainnya yang ada di Desa Waesamet Kecamatan Bula Barat, Kabupaten Seram Bagian Timur.

    "Banjir setinggi hampir 2 meter, nyaris menenggelamkan puluhan rumah warga, ini dipicu luapan sungai menyusul curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir ini. tanaman padi yang baru di tanaman juga terendam," kata Rumatumia.


    Akibat dari banjir ini, warga setempat kesulitan mendapatkan air bersih, karena sumur yang biasanya dijadikan oleh masyarakat setempat sebagai sumber air bersih juga terbawa banjir.

    Selain itu, banjir yang terjadi dini hari tersebut membuat warga setempat panik, sehingga tidak sempat mengevakuasi kendaraan milik mereka, bahkan surat berharga milik warga pun tak bisa terselamatkan

    “Warga kesulitan mendapatkan air bersih, Banjir yang datang tiba-tiba sehingga membuat warga tidak sempat mengevakuasi kendaraan semua harta kekayaan dan surat berharga dan lainnya," ucapanya.

    Untuk itu, sebagai penjabat Desa setempat, dirinya meminta etikad baik dan perhatian dari Pemerintah Daerah lewat Badan Penanggulangan bencana Daerah (BPBD) SBT, agar segera mengambil langka penanganan khusus terutama yang berkaitan dengan kebutuhan warga korban Banjir di Desa yang dipimpinnya.

    Selain bantuan darurat, dirinya juga mendesak BPBD SBT agara bisa menormalisasi sungai sebagai langka pencegahan atau solusi untuk mengantisipasi banjir dikemudian hari.

    "Saya minta ada penanganan segera kebutuhan utama saat ini adalah air bersih, selimut untk anak-anak. Banjir ini semua sumur warga rusak. Pihak BPBD segera melakukan normakisasi sungai," pintanya. (KT/FS)



    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Puluhan Rumah di Waesamet Terendam Banjir Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top