• Headline News


    Monday, April 8, 2019

    Cegah Golput, KPU Bursel Gelar Pemilu Run 2019 Bertabur Hadiah


    Namrole, Kompastimur.com 
    Dalam rangka menghadapi pelaksanaan Pemilu serentak 17 April 2019 dan meningkatkan pertisipasi khususnya bagi pemula, serta mencega Golput, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buru Selatan menggelar kegiatan Pemilu Run, kegiatan tersebut berlangsung di depan Kantor Bupati setempat.

    Kegiatan yang dibuka oleh Pj Sekda Bursel AM. Laitupa ini dihadiri oleh lima Komisioner KPU yang baru, mantan Ketua KPU Said, Sabtu (6/4).


    Dalam kegiatan Pemilu Run yang dilaksanakan oleh KPU secara nasional termasuk KPU Buru Selatan, selain dilakukan jalan sehat se-kota Namrole, ada beberapa perlombaan yang dilaksanakan yakni lomba lari sejauh 5 KM bagi pemilih pemula dan umum serta lomba lari karung yang diikuti oleh pemilih perempuan.

    Tak hanya itu masyarakat Bursel juga dihibur oleh senam aerobic bersama Instruktur Zin Heny Zaiman dan dibanjiri dengan doorprize dengan berbagai hadiah-hadiah yang menarik, di antaranya ada kulas, TV, Sepeda, Hendphone dan hadiah-hadiah lainya.

    Pantauan media ini, masyarakat Kota Namrole sangat antusiasme terhadap kegiatan ini, terlihat dari jumlah paserta yang mengikuti kegiatan ini bukan saja masyarakat biasa tetapi dari pegawai swasta dan para ibu persit dan bhayangkara juga ikut.


    Pj Sekda dalam arahan singkatnya mengingatkan sekaligus menghimbau kepada masyarakat agar selalu menjaga ketertiban dan keamanan menjelang tanggal 17 April nanti.

    "Jangan lupa tanggal 17 nanti ikut pemilu, pilih sesuai hati nurani kita, dan selalu menjaga ketertiban dan keamanan sehingga Pemilu 2019 ini berjalan sukses," harap Laitupa.

    Sementara Ketua KPU, Syarif Mahulauw dalam sambutan singkatnya juga berharap khususnya kepada pemilih pemula agar dapat menggunakan hak pilihnya dan jangan golput.

    Mahulauw menghimbau bagi masyarakat yang belum terdaftar dalam DPT atau tidak mendapat undangan dapat menggunakan kartu tanda penduduk setempat untuk melaporkan ke petugas pengawas saat pencoblosan.

    Dikatakan, kegiatan ini merupkan bagian dari suksesi pemilu tahun 2019. Sama halnya dengan kegiatan pentas seni dan dilanjutkan dengan konser musik yang dilakukan beberpa waktu lalu.

    "Kegiatan ini seharusnya suda dilaksanakan beberapa hari kemarin, tetapi kita baru laksanakan hari ini karena terkendalah dengan tugas, namun kami berterima kasih atas partisipasi dari masyarakat Bursel yang sudah sama-sama dengan kami KPU dalam meramaikan acara ini," ujarnya.

    Dikatakan, inti dari seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh KPU Bursel adalah mensukseskan pemilu serentak pada tanggal 17 April tahun 2019, dimana pada pemilu tersebut masyarakat akan memilih Presiden dan Wakil Presiden serta para anggota Legislatif dari tingkat DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota lima tahun kedepan.

    “Perlu kami sampaikan bahwa yang menggunakan hak pilih di Pemilu serentak 17 April nanti adalah warga masyarakat yang telah berusia tujuh belas tahun dan kemudian telah terdaftar di dafatar pemilih tetap atau DPT sesuai alamat KTP Elektronik,” ujarnya.

    Dirinya juga menghimbau kepada pemilih yang ada di Kabupaten Bursel khususnya pemilih pindahan agar segera melaporkan diri ke KPU Bursel atau melalui PPK atau PPS setempat.

    “Silakan Pemilih pindahan untuk melapor ke kami KPU Bursel atau bisa ke petugas kami di tingkat kecamatan atau ditingkat desa sebelum tanggal 10 April , karena setelah tanggal tersebut sudah tidak bisa lagi mengakomodir pemilih pindahan,” ucapnya.

    Kegiatan ini diakhiri dengan penarikan undian berhadiah.

    Walaupun dalam cuaca panas pagi menjelang siang hari, tak menghalau semangat peserta dan masyarakat dalam mengikuti kegiatan tersebut. (KT/02)



    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Cegah Golput, KPU Bursel Gelar Pemilu Run 2019 Bertabur Hadiah Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top