• Headline News


    Monday, March 25, 2019

    Penjabat Waesamet Desak Balai Sungai Buka Pintu Bendungan

    Lagu Terbaik Tahun 2021

    SBT, Kompastimur.com 
    Atas nama masyarakat Desa Waesamet Kecamatan Bula Barat, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Penjabat Desa Waesamet, Alfin Rumatumia desak pihak Balai sungai Maluku agar segera membuka pintu bendungan.

    Hal ini diungkapkan oleh Penjabat Desa Waesamet, Alfin Rumatumia, kepada media ini, Senin (25/03)  saat dihubungi Via telpon selulernya.

    Rumatumia menjelaskan, bendungan yang dibangun semenjak 2016 lalu, sampai saat ini tidak bisa difungsikan.

    Mestinya pihak Balai sungai Wilayah Maluku segera meresmikan Bendungan sehingga bersama-sama pihak ketiga segera menyerahkan aset itu kepada pihak Desa, sehingga dapat digunakan sebagaimana fungsinya.
    Proyek yang terletak di Desa yang dipimpinnya ini ditaksir menghabiskan anggaran Rp.11 Milyar, sehingga dinilai mubazir jika tidak digunakan alias difungsikan.

    "Tahun 2016 sampai sekrang tidak difungsikan. Proyek ini nilainya Milyaran dan pintu bendungan belum bisa di buka oleh pihak balai sungai, harus ada penyerahan dulu," pintanya.

    Lebih lanjut, Penjabat Kepala Desa ini menambahkan, jika pintu bendungan ini tidak dibuka, maka akan berujung banjir akibat luapan air pada bendungan Waesamet ini, sehingga akan berdampak buruk terhadap perkebunan kelapa Sawit di daerah tersebut.

    Selain kelapa Sawit, ternyata bendungan ini sangat penting bagi para Petani di Desa Waesamet. Namun sayang sekali, saluran sekunder dari bendungan Waesamet, Kecamatan Bula Barat ini terlalu dalam sehingga tidak bisa mengairi kurang lebih 100 Hektare lahan sawah milik para petani.


    "Bendungan ini tidak bisa difungsikan karena jika ditutup maka air meluap dan banjir sehingga berpengaruh ke perkebunan kelapa sawit. Saluran sekunder dari bendungan ini terlalu dalam sehingga tidak bisa mengairi lahan sawa," ucapnya.

    Untuk itu, Penjabat muda dan enerjik ini bahkan mempertanyakan  perencanaannya yang dinilai gagal  sehingga anggaran milyaran rupiah yang disediakan negara  untuk proyek pembangunan ini ternyata sia-sia dan tidak memiliki manfaat.

    “Dalam proyek ini,  apakah yang disalahkan adalah perencaan atau pihak kontraktor yang mengerjakan proyek itu," ungkapnya bertanya. (KT/FS)



    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Penjabat Waesamet Desak Balai Sungai Buka Pintu Bendungan Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top