• Headline News





    Monday, March 25, 2019

    Bupati Ramly Serahkan Bantuan Kapal Ikan ke Koperasi Al Buruuj


    Lagu Terbaik Tahun 2021


    Namlea, Kompastimur.com
    Bupati Buru, Ramly Ibrahim Umasugi menyerahkan bantuan kapal ikan dan alat penangkapan kepada Koperasi Konsumen Al Buruuj Mandiri.

    Bantuan perikanan yang diserahkan itu berasal dari Dirjen Perikanan Tangkap KKP untuk kelompok nelayan binaan koperasi  Konsumen Al Buruuj Mandiri.

    Penyerahan yang dilakukan secara simbolis di Namlea itu, Bupati Ramly sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Koperasi Konsumen Al Buruuj Mandiri dengan menekuni bifang perikanan.

    Ia berharap ini dapat dijadikan contoh untuk koperasi lain yang ada di Kabupaten Buru.

    Apa yang telah dilakukan koperasi ini memberikan dampak  positif dalam peningkatan kesejahteraan nelayan di Kabupaten Buru.

    Sementara itu manager bidang perikanan Koperasi Al Buruuj Mandiri M. Ikbal Zakariah,  menjelaskan, bahwa bantuan kapal yang diberikan sebanyak 10 unit ukuran 3 GT dengan menggunakan mesin tempel  merk Honda 20 PK sebanyak 10 unit dan alat tangkap Gill Net sebanyak 10 paket.

    Bantuan ini diserahkan kepada 10 kelompok nelayan/KUB binaan koperasi yang tersebar di 6 desa yakni Namlea, Waplau, Waprea, Wamlana, Waepure dan Bara.

    Usai penyerahan bantuan, bupati turut menyaksikan kegiatan penandatangan perjanjian kerja sama antara pihak koperasi konsumen al buruuj mandiri yang diwakili ketuanya Nur Syamsi, SP dengan pihak Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Iqra Buru diwakili oleh Dekan FPIK  Mariyati, S.Pi.M,Si.
    Kegiatan ini bertujuan untuk peningkatan sumber daya manusia kelompok nelayan binaan koperasi melalui program desa binaan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Iqra Buru dalam mendukung perikanan berkelanjutan di Kabupaten Buru.

    Menurut Ketua Koperasi Konsumen Al Buruuj Mandiri Nur Syamsi bahwa bantuan ini menggunakan sistem bagi hasil untuk pengembangan kelompok dan  koperasi ke depan.

    Untuk menjaga kwalitas hasil penangkapan ikan, koperasi juga mendapatkan bantuan dari Dirjen Peningkatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan T.A 2018 berupa 1 unit mesin es flake yang  telah dibangun di pelabuhan Teluk Bara Desa Bara Kecamatan Air Buaya.

    Sedangkan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Buru Imran Makatita pada kesempatan itu menjelaskan, bahwa sesuai dengan juknis bantuan Kapal dan Alat Penangkapan Ikan yang diberikan oleh Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan hanya melalui koperasi yang bidang usahanya perikanan.

    Sampai dengan saat ini baru dua koperasi di Kabupaten Buru yang mendapatkan bantuan yaitu koperasi Fajar Indah pada T.A 2017 dan koperasi Konsumen Al Buruuj Mandiri di T.A  2018. Untuk itu diperlukan perhatian serius dari nelayan melalui pemerintah desa untuk menghidupkan kembali koperasi nelayan yang telah ada.

    Terkait pengembangan koperasi konsumen Al Buruuj Mandiri kedepan,  Rektor Universitas Iqra Buru dan juga selaku Ketua Yayasan Miftahul Buruuj Muhammad Mukadar sebagai pembina koperasi mengatakan bahwa koperasi perlu melakukan inovasi terkait pengembangan dan peningkatan SDM kelompok nelayan binaan, dimana pada hari ini pihak koperasi telah melakukan terobosan dengan mengadakan kerjasama dengan pihak kampus untuk mencapai hal dimaksud. (KT-10)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bupati Ramly Serahkan Bantuan Kapal Ikan ke Koperasi Al Buruuj Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    loading...
    Scroll to Top