• Headline News





    Monday, March 25, 2019

    Bupati Bursel Sakiti Hati Wartawan Dengan Tudingan Negatif


    Lagu Terbaik Tahun 2021
    Foto : Bupati Bursel, Tagop Sudarsono Soulissa saat memberikan sambutan ketika membuka kegiatan Musrembang RKPD Kabupaten Bursel Tahun 2020 di Aula Kantor Bupati Bursel, Senin (25/03/2019)


    Namrole, Kompastimur.com
    Sikap alergi Bupati Buru Selatan (Bursel), Tagop Sudarsono Sooulissa terhadap wartawan nampaknya kian memuncak. Ia tak suka dikritisi lewat tulisan-tulisan wartawan, ia mau hanya ditulis Asal Bapak Senang (ABS).

    Kendati wartawan selama ini turut menjadi mitra Pemerintah Daerah dalam membangun Kabupaten Bursel yang dipimpinnya, namun ternyata di mata politisi yang gagal jadi Calon Gubernur Maluku ini selalu saja negatif.

    Suami Calon DPR RI, Safitri Malik Soulissa ini bahkan tegah menyakiti hati para wartawan dengan melontarkan tudingan-tudingan negatif.

    Tudingan-tudingan Tagop itu disampaikan diakhir sambutannya ketika membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Bursel Tahun 2020 di Kantor Bupati setempat, Senin (25/03/2019).

    “Jangan wartawan hanya melihat yang jeleknya saja, karena Bapak/Ibu sekalian, banyak wartawan saat ini, beta kurang tahu wartawan itu harus independen, itu undang-undang kewartawannya, tapi wartawan sekarang ini wartawan titip titip menitip, wartawan yang membawa aspirasi kepentingan politik orang-orang tertentu, wartawan yang selalu menjustifikasi seluruh perbuatan baik dari pemerintah, dari orang-orang,” kata Bupati yang lebih banyak berada di luar daerah itu.

    Menurut Tagop, wartawan harusnya menulis yang baik-baik saja, walaupun ada hal yang harus dikritisi demi perbaikan kedepan.

    “Mungkin wartawan itu ingin katong semua mati baru dia tulis baik-baik dari katorang, betul kah seng. Orang mati tu baru orang bisa tulis dia, kasihan. Biar dulu dia pemabuk, pelacur, tetapi tetap ketika dia mati orang yang menilai dia, biar dia pelacur tapi dia ada bantu beta baik-baik, iya kan, betul ka seng,” ucap Bupati dua periode yang belum mampu membawa Kabupaten Bursel keluar dari predikat Disclaimer ini.

    Ia pun menuding, wartawan selalu melacurkan berbagai perbuatan baiknya dengan berita-berita yang tidak baik.

    “Ketika dia hidup, 1.000 per buatan baik selalu dilacurkan oleh kepentingan-kepentingan orang yang dibawahi dia,” paparnya.

    Tak hanya sampai disitu, kendati tak ada satu pun wartawan yang hanya lulusan SD di Kabupaten Bursel, namun Bupati yang akhir-akhir ini lebih banyak mengurus kepentingan politik istrinya sebagai Calon DPR RI ketimbang mengurus Kabupaten Bursel ini pun mengutip pernyataan mantan Gubernur Maluku Said Assagaff yang gagal melanjutkan periode kedua dengan menuding bahwa berbagai pemberitaan wartawan selama ini ialah karya wartawan lulusan SD.

    “Nah, ini beta harus ingatkan supaya kita harus bertindak cerdas. Jadi wartawan harus cerdas, pandai, kalau wartawan yang tulis itu lulusan SD juga makanya Pa Gubernur dulu, Pa Said Assagaff pernah bilang wartawan lulus SD juga bisa tulis seperti itu,” cetus suami anggota DPRD Provinsi Maluku itu.

    Namun, setelah melontarkan tudingan-tudingan pedas dan menyakiti hati wartawan, Tagop lalu sedikit memuji wartawan dan berharap agar wartawan bisa menulis berita ABS.

    “Tetapi beta yakin bahwa wartawan-wartawan yang hadir hari ini adalah wartawan-wartawan yang cerdas dan anak muda yang cerdas dan sarjana semua dan bisa menyampaikan pesan-pesan kepada masyarakat dengan baik,” tuturnya.

    Untuk diketahui, usai membuka Musrembang RKPD Tahun 2020 ini, sejumlah pimpinan OPD di lingkup Pemkab Bursel pun kemudian mencegat wartawan atas perintah Tagop untuk tidak boleh ikut ke Kecamatan Kepala Madan guna mengiktu pelantikan Kepala Desa di Kecamatan tersebut.

    Diduga, larangan yang disampaikan langsung oleh Kasat Pol PP Kabupaten Bursel, Asnawy Gay dan Sekretaris DDPRD Kabupaten Bursel, Hadi Longa itu karena Tagop sudah alergi dengan wartawan. (KT-Tim)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bupati Bursel Sakiti Hati Wartawan Dengan Tudingan Negatif Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    loading...
    Scroll to Top