• Headline News


    Saturday, March 2, 2019

    Agenda Mangente Waekate Bisa Jadi Agenda Tahunan



    Ambon, Kompastimur.com
    Salah satu Anggota DPRD Maluku dari Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Constansius Kolatfeka menyarankan, agenda Watubela, Kesui dan Teor (Wakate) yang diprakasai oleh anak-anak muda SBT dan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) yakni Dinas Pariwisata dan dukungan para Anggota DPRD Kabupaten SBT asal dari Wakate, sebaiknya menjadi agenda tahunan pemerintah setempat.

    Hal ini dikatakan politisi Gerindra ini, berawal dari Mangente Wakate yang sedianya terlaksana di akhir tahun 2019, akan menjadi tolak eksplore potensi wisata, budaya dan kuliner di kabupaten bertajuk Ita Wotu Nusa tersebut.

    “Ada baiknya, agenda Mangente yang di gagas pemuda dan Pemkab SBT, dijadikan agenda tahunan. Untuk anggarannya diatur dalam APBD kabupaten. Berawal dari Mangente Wakate di akhir tahun 2019 mendatang ini, menjadi tolak ukur munculnya gagasan dan ide Mangente-Mangente lainnya di tahun mendatang. Misalnya, Mangente Werinama, Mangente, Kelimury, Mangente Geser ataupun Mangente Gorom,” kata Kolatfeka yang juga  Mantan Ketua LSM Kalesang Maluku ini, Jumat siang (01/03/2019) di Ruang Komisi A, DPRD provinsi Maluku.

    Dikatakan, khusus Mangente Wakate, intinya, memperkenalkan Wakate kepada publik, mulai dari kampung Watubela Kesui dan Teor (Wakate). Membangun dan kenalkan kampung untuk Maluku, Indonesia dan internasional, bagaimana melihat keberadaannya, baik sisi geografi, sumber daya manusia, sumber daya alam, penduduk dan sosial budaya, juga pariwisata lebih ke situ.

    Constansius utarakan, sebagai wilayah daerah tertinggal, terdepan dan terluar di Indonesia (3T) dan sebagai satu kegiatan untuk menarik perhatian wilayah pinggiran dengan mengkonsentrasikan semua pihak, sangat strategis membangun SBT dari Wakate.

    Selain itu, memperkenalkan kearifan lokal dan komoditas unggulan di sana baik itu budaya pela gandong, potensi perikanan luar biasa, belum di garap secara maksimal. Juga, rempah cengkeh dan pala. Namun, semua itu terkendala akses transportasi dari sisi peningkatan ekonomi.

    “Saya sebagai pribadi dan pemuda SBT asli anak Wakate, memberikan apresiasi dan dukungan, untuk terlaksananya Mangente Wakate di akhir tahun 2019 ini. Juga, bisa tentatif, tergantung kebijakan anggaran daerah karena pemkab turut mensupport sukseskan kegiatan dan di konkritkan secara riil. Saya juga bangga dengan gagasan dan ide kreatif dari anak-anak muda SBT secara umum dan Wakate secara khusus atas ide brilian ini,” akuinya. (KT/12)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Agenda Mangente Waekate Bisa Jadi Agenda Tahunan Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top