• Headline News


    Tuesday, February 26, 2019

    Desa Basarin Resmi Gelar Musyawarah Desa



    SBT, Kompastimur.com 
    Desa Basarin, Kecamatan Gorom Timur, Kabupaten Seram Bagian (SBT), resmi Gelar Musyawara Desa. Musdes tersebut dipimpin langsung  oleh Kades Basarin, Saraju Rumagutawan.

    Musdes Basarin yang dilaksanakan pada Sabtu 16 Februari 2019 tersebut dihadiri pula tenaga ahli (TA) Bumdes P3MD Kabupaten SBT, Abu Bakar Tuhuteru,  PDTI Kecamatan Gorom Timur, Melda Sohilauw,  dan pendamping lokal Desa (PLD) Desa Basarin,  Ahmad R. Daeng Parany, Badan Permusyawartan Negeri Administratif (BPNA) para perangkat Desa serta Masyarakat Basarin.

    PLD Desa Basarin,  Ahmad R Daeng parany  mengatakan, dalam musyawara desa yang digelar tersebut telah melahirkan beberapa program yang di usulkan pada saat musdes yang terdiri dari, bidang pembangunan, saranan dan prasarana publik desa, pemberdayaan ekonomini produktif antara lain, Kelompok UKM, usaha jasa transportasi desa, kelompok perikanan, pertanian dan peternakan.

    "Lebih fokus ke program pemberdayaan masyarakat desa agar kedepan desa bisa mandiri," ucap Parany. 


    Lebih lanjut ditambahkan, kelompok UKM di Desa Basarin sudah berjalan dari tahun 2018, serta semua unit usaha UKM berjalan dengan baik dan telah mengalami peningkatan, karena para kelompok UKM ini di koordinir langsung oleh Bumdes yang diberi nama Watuwoy Negeri Administrasi Basarin, sehingga para kelompok UKM  ini telah mempunyai penghasilan tetap di atas Rp,50.000-100.00/ hari.

    "Alhamdulillah mengalami kemajuan karena mereka telah mempunyai penghasilan tetap," katanya.

    Selaku PLD, dirinya berharap, dengan adanya Dana Desa ini kedepan Masyarakat bisa mempergunakan dengan sebaik-baiknya.
    Bukan saja program fisik yang dibuat, melainkan lebih banyak diarahakn ke program-program berbasis pemberdayaan yang bersifat ekonomi produktif.

    “ Kami sangat berharap dengan dana desa masyarakat dapat diberdayakan dan dapat mempergunakannya dengan baik untuk meningkatkan kesejahteraan sehingga kedepannya masyarakat mampu menunjang ekonominya sehingga tujuan untuk mencapai desa maju dan mandiri dapat terwujud,” terangnya. (KT/FS)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Desa Basarin Resmi Gelar Musyawarah Desa Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top