• Headline News

    Friday, February 1, 2019

    Chaidir Djafar : Pelajar Harus Menjadi Solusi Persoalan Bangsa


    Lagu Terbaik Tahun 2021


    Manokwari, Kompastimur.com
    Chaidir Djafar,  Anggota MPR RI dari kelompok DPD RI mengajak pelajar untuk bertindak nyata dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

    Di hadapan para pelajar di Waisasi – Raja Ampat, Rabu (30/1/2019) Anggota DPD RI Dapil Papua Barat ini mengemukakan bahwa selama ini pembicaraan tentang pelaksanaan nilai-nilai Pancasila, UUD Tahun 1945, NKRI, dan Bhineka Tinggal Ika seolah-olah melulu hanya terkait dengan persoalan pelaksanaan kekuasaan oleh Pemerintah.

    "Kita lupa, bahwa nilai-nilai Pancasila, UUD Tahun 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika sesungguhnya juga terkait dengan hal-hal konkrit dalam kehidupan kita sehari-hari.  Akibatnya kita lebih sibuk dan lebih pintar menilai dan mengkritik pemerintah tetapi lupa untuk menilai dan mengkritik diri sendiri" Ujar Anggota MPR RI asal Daerah Pemilihan Papua Barat, Chaidir Jafar SE.

    Chaidir, mengemukakan bahwa palajar sebagai generasi penerus bangsa memang perlu memiliki daya kritis sehingga mampu melakukan fungsi kontrol sosial terhadap perkembangan bangsa dan kehidupan kemasyarakatan. Namun daya kritis itu harus dibarengi dengan sikap yang bertanggung jawab yakni sikap untuk tidak melakukan hal-hal buruk sebagaimana yang dikritisinya.

    "Jangan mengkritik orang tidak sholat kalau anda sendiri tidak sholat" katanya.

    Mantan aktifis Mahasiswa ini menilai bahwa cara pandang yang menganggap bahwa pelaksanaan nilai-nilai 4 Pilar Kebangsaan hanyalah urusan Pemerintah merupakan cara pandang yang berbahaya karena hanya akan melahirkan generasi pengkritik dan generasi dengan watak oposisi sehingga pada gilirannya akan menciptakan sebuah lingkaran budaya saling menyalahkan tanpa berujung pangkal (tidak berkesudahan).

    Pancasila, UUD Tahun 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika, bukan milik sekelompok orang saja, bukan juga hanya milik pemerintah, tetapi milik bangsa, milik kita semua. Karena itu, tanggung jawab melaksanakan nilai-nilai 4 Pilar Kebangsaan adalah juga tanggung jawab kita semua. Bentuk tanggung jawab dalam melaksanakan nilai-nilai 4 Pilar Kebangsaan itu adalah dengan mewujudnyatakan nilai-nilai itu dalam kehidupan kita sehari-hari di ilngkungan tempat kita berada. Pelajar dapat mewujudnyatakan nilai-nilai itu di lingkungan sekolah maupun lingkungan keluarga dan masyarakat sekitar tempat tinggal.

    Chaidir mengemukakan bahwa untuk menjadi seorang Pancasilais itu tidaklah sulit. Jangan membayangkan seolah Pancasila itu beban yang berat, jangan pula berfikir bahwa untuk melaksanakan Pancasila itu harus menjadi pejabat lebih dahulu. Setiap warga negara, tak kecuali pelajar sesungguhnya dapat melaksanakan nilai-nilai Pancasila itu dalam bentuk yang sederhana sesuai dengan posisi dan peran masing-masing. Jikalau menghormati guru atau saling menghormati sesama teman adalah sebagian dari nilai Pancasila maka mulailah dengan mempraktekkannya.

    "Jikalau menghormati orang tua dan orang yang lebih tua adalah sebagian dari nilai Pancasila maka laksanakan itu sekarang dan jangan menunggu nanti. Membiasakan diri secara terus menerus untuk berprilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila adalah hal yang penting, karena internalisasi nilai bukanlah cetak biru yang sertamerta terjadi seketika, tetapi membutuhkan proses." Kata Chaidir DJafar

    Dengan membiasakan diri secara terus menerus akan menjadi budaya dan selanjutnya akan membentuk karakter. Jadi kunci utama untuk menjadi Pancasilais adalah mengetahui dengan benar nilai-nilai Pancasila, memahami nilai-nilai itu, menyadari pentingnya nilai-nilai itu, dan membiasakan diri untuk melaksanakan nilai-nilai itu sehingga akan terjadi sebuah proses dialetika dalam pembentukan watak dan karakter.

    "Saya berharap para pelajar dapat terus mengembangkan potensi keilmuan dan kecakapannya, dan memiliki watak Pancasilais sehingga palajar dapat menjadi solusi bagi masa depan bangsa." tuturnya. (KT-ARA)



    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Chaidir Djafar : Pelajar Harus Menjadi Solusi Persoalan Bangsa Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top