• Headline News

    Saturday, January 26, 2019

    PT. Harita Group Hanya Bawa Dampak Negatif Bagi Warga


    Lagu Terbaik Tahun 2021
    Alwi La Masinu Ketua "Forapo"


    Ternate, Kompastimur.com
    Ketua Forum Akademisi Pulauan Obi (FORAPO) Maluku Utara, Alwi La Masinu, MT menilai PT. Harita Group dan anak perusahahan yang beroperasi di pulau Obi, desa Kawasi  telah melakukan eksploitasi nikel laterit di duga tidak memberikan manfaat yang postif bagi masyarakat setempat.

    Bagaimana tidak?, nampak terlihat secara fisik, baik dari segi sosial, ekonomi, kesehatan dan pendidikan, seperti yang terjadi saat ini, Kepulauan Obi terlihat masih tertinggal jauh dan ini menandakan  bahwa PT. Harita Group dan anak perusahannya tidak serius untuk memajukan Kepulauan Obi.

    "Semua ini menjadi pertanyaan yang sangat mendasar, dimana letak keberhasilan PT. Harita Gorup dan anak perusahannya untuk Kepulau Obi, dampak positif bagi masyarakat disana juga tidak ada,” ucap Alwi La Masinu Ketua FORAPO dan juga Akademisi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kie Raha Kota Ternate, Sabtu (26/1/2019).

    Sementata keberadaan Smelter PT. Harita Group yang di buat tidak jauh letaknya dengan pemukiman warga Desa Kawasi cukup mengkhawatirkan.

    “Hal ini sangat berpengaruh terhadap aspek kesehatan masyarakat desa Kawasi dan desa-desa tetangga lainnya. Misalnya pengaruh kesehatan yang di timbulkan akibat dari menghirup udara lepas yang terkombinasi dengan debu dari tanah nikel laterit yang berasal dari kegiatan-kegiatan industri pertambangan yang di keluarkan melaui suhu/asap,” ujarnya.

    Lanjutnya, pada musim panas ketika alat-alat berat beroperasi akan menyebabkan sesak napas (ISPA) yang kini sering terjadi dan dialami oleh warga setempat.

    “Permasalahan lingkungan ini  berdampak negatif, dan mulai di rasakan  ketika saat terjadinya musim hujan yang menyebabkan terjadinya aliran air permukaan (run off) ketika melewati sungai-sungai kecil dan mengalir ke laut  sehingga menyebabkan perubahan warna air menjadi merah karat. Ini masalah besar dan harus segera disikapi oleh semua pihak,” tegasnya. (KT/MS)



    Baca Juga

    There is no other posts in this category.
    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: PT. Harita Group Hanya Bawa Dampak Negatif Bagi Warga Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top