• Headline News

    Monday, January 21, 2019

    Prodi Pendidikan Geografi STKIP Kie Raha Ternate PKL di UPI


    Lagu Terbaik Tahun 2021


    Ternate, Kompastimur.com
    Program Studi (Prodi) Pendidikan Geografi STKIP Kie Raha Ternate bebrapa waktu lalu menjalankan programkan Peraktek Kerja Lapangan (PKL) di Univertitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

    Diketahui, saat ini kampus yang cukup terkenal di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat telah melakukan kerja sama Antara Prodi Geografi STKIP Kie Raha Ternate dengan Departemen Pendidikan Geografi Univertitas Pendidikan Indonesia.

    Berdasarkan rilis yang di terima media ini, Minggu, 20 Januari 2019 dari Irwan Abdullah, M.Pd, Mengatakan, Pelaksanaan PKL yang di lakukan pada mahasiswa semester V (lima) yang di kontrak pada semester berjalan, dengan peserta mahasiswa yang itu sebanyak 20 orang.

    Lanjut Irwan Abdullah, PKL ini dilakukan karena ada salah satu mata kuliah yang di programkan oleh Program studi, dan mata kuliah ini merupakan salah satu syarat bagi mahasiswa dalam menempu nilai maksimal atau SKS demi kelengkapan nilai mata kuliha PKL, maka harus dilakukan dengan cara turun ke lapangan guna untuk mencari informasi.

    "Misalnya kegiatan yang berkaitan dengan kajian Geografi baik fisik, sosial, budaya dan ekonomi," kata Irwan Abdullah yang juga sekertaris ketua Prodi Geografi.

    Kata dia, kegiatan kemarin dimulai dari tanggal 13 januari sampai dengan 17 Januari 2019 kemarin.

    Lanjutnya, PKL tersebut langsung di bimbingan oleh dirinya itu (Irwan Abdullah- Red), dan Muhammad, Ichsan A. Gani, M.Sc, dosen Sistem Informasi Geospasial (SIG) serta Kartini Ali, M.Sc. Dosen matakuliah Penginderaan Jauh (PJ).


    "Kegiatan PKL kemarin dilaksankan di Bandung dan diprogramkan oleh prodi dan langsung dilaksanakan mahasiswa program studi pendidikan geografi STKIP Kie Raha Ternate dan sekaligus melakukan kunjungan di beberapa tempat diantaranya, Kebun Bunga Begonia Bandung, Kantor Pusat Vulkanologi dan mitigasi Bencana Kota Bandung, Museum Geologi Kota Bandung, Bosscha Teropong bintang Lembang Kota Bandung, Tangkuban Perahu, dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung," ceritanya.

    Kata Irwan Abdullah, beberapa tempat juga sempat di kunjungi oleh mahasiswa kami, namun ada satu hal yang paling mendasar yang harus di lakukan dan dapat di fahami adalah mahasiswa dapat menganalisa terkait dengan masalah kebencanaan, letusan gunug api, geologi dan kosmografi, serta sejarah terkait dengan perkembangan pariwisaata yang telah mereka kunjungi di lokasi tersebut.

    Dirinya juga sempat mengingatkan, dengan berakhirnya kegiatan yang di kunjungi ini, maka semua mahasiswa harus bertanggung jawab dan membuat laporan terkait dengan hasil kajian kelompok saat berada di lapangan.


    “ Masing masing kelompok akan di dibimbing oleh masing masing pembimbing, hasil kajian yang dilakukan berdasarkan pada hasil kunjungi kemarin pada beberapa tempat dan akan di laksanakan seminar dalam bentuk laporan mahasiswa itu sendiri," jelas Irwan.

    Tambah Irwan, pada saat kunjungan pada Universitas Pendidikan Indonesia yang sangat terkenal di Provinsi Jawa Barat, peserta Kuliah Kerja lapangan mendapatkan Pengalaman sangat berharga. Dimana mereka memperoleh ilmu melalui materi yang disampaikan oleh Prof. Dr. Darsiraharjo, M.S. dengan judul, "Geografi dalam membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia", dan di lanjutkan dengan pengenalan alat – alat praktikum penginderaan jauh dan sistem informasi geografis.


    “Hasil dari kunjungan yang dilakukan kami dari program studi pendidikan geografi STKIP Kie Raha Ternate juga telah melakukan kerja sama dengan Departemen Pendidikan Geografi Univesitas Pendidikan Indonesia. Dengan isi kerja sama yang paling menonjol adalah penguatan kurikulum pada tingkat perguruan tinggi, memperbaiki sumber daya manusia, kontrak kerja sama pada bidang penelitian serta kerja sama dalam bidang kemahasiswaan,” ungkapnya.

    Ketua program studi pendidikan Geografi Alwi La Masinu, MT, dan sekertaris program studi pendidikan Geografi Irwan Abdullah, M.Pd, berharap kedepan kegiatan kuliah seperti dapat bermanfaat dan dipergunakan sebaik munkin oleh mahasiswa dalam menimbah ilmu.

    “ Diharapkan hasil dari kerja lapangan ini, semua mahasiswa dapat mampu menganilisis berbagai fenomena dalam hal kajian geografi fisik, budaya, sosial maupun ekonomi di lapangan sesuai data dan informasi yang di perlukan,” ungak ketua Prodi tersebut. (KT/MS)



    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Prodi Pendidikan Geografi STKIP Kie Raha Ternate PKL di UPI Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top