• Headline News


    Wednesday, January 23, 2019

    Penerimaan P3K, Ribuan PTT Bursel Teracam Dirumahkan

    (A M LAitupa)


    Namrole, Kompastimur.com 
    Pemerintah Kabupaten Buru Selatan (Bursel) akan segera membuka perekrutan  Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K/PPPK) akhir bulan Januari ini dan sesuai ketentuan, daerah yang telah melakukan penerimaan P3K, tidak bisa memiliki Pegawai Tidak Tetap (PTT) alias honorernya harus dihapuskan.

    “Menurut jadwal itu kan minggu terakhir bulan januari, kalau ada pergeseran jadwal nanti kita lihat sesuai hasil rapat nasional di Batam tanggal 23 ini, tapi yang menjadi masalah, PTT kita karena harus dihapuskan,” kata Penjabat Sekda Kabupaten Bursel Abdul Mutalib Laitupa di ruang kerjanya, Senin (21/01/2019).

    Laitupa menjelaskan, dilakukannya penerimaan P3K untuk Kabupaten Bursel otomatis akan menghapus PTT di daerah bertajuk Bumi Fuka Bipolo itu yang diketahui saat ini sudah berjumlah ribuan orang.

    “Rekrutmen P3K itu sudah kami (BKPSDM) siapkan anggarannya, yang belum disiapkan itu gajinya, karena yang mau diangkat itu kita tidak tahu berapa banyak dan itu harus dialokasikan, begitu juga dengan PTT yang ada di daerah ini, karena sesuai ketentuan setelah ada P3K, PTT itu harus dihapuskan dan ini yang menjadi masalah bagi Pemda Bursel, apalagi PTT kita sudah ribuan,” akui Laitupa.

    Dikatakan, Pemda Bursel mejadi serba salah dalam proses penerimaan ini, dimana kalau dilakukan proses penerimaan P3K, sudah pasti semua PTT di hapus, dan kalau tidak melakukan penerimaan pun akan bermasalah dan menjadi temuan.

    Sedangkan untuk gaji, dijelaskan jika sudah melakukan penerimaan maka peserta yang lulus gajinya akan dibayarkan pada tahun selanjutnya setelah dianggarkan oleh Pemerintah daerah.

    “ Kalau diangkat pada Tahun 2019, berarti mereka yang lolos P3K akan dibayarkan gajinya pada tahun 2020 setelah di anggarkan. Begitu juga dengan tunjangannya,” terangnya.

    Dibeberkan, untuk tahun 2019, dilakukan penerimaan P3K sebanyak dua kali dengan formasinya masih menunggu hasil rapat nasional antara Pemerintah Pusat dengan seluruh kepala daerah.

    “Jadi di tahun 2019 ini dua kali pengangkatan P3K, itu di akhir Januari sampai Februari dan yang kedua setelah Pilpres,” ujarnya.

    Sementara untuk proses penerimaan, Pria yang sudah dua kali menjabat Sekda itu menuturkan akan dilakukan proses penerimaan seperti penerimaan CPNS pada tahun 2018 kemarin.

    “Prosesnya sama seperti tes seleksi CPNS kemarin, ada tesnya dan salah satu persyaratan itu, peserta yang mengikuti tes harus memiliki SK Honor di Bursel karena ini untuk mencega masuknya orang luar untuk mengambil jata P3K di sini,” tambahnya. (KT/02)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Penerimaan P3K, Ribuan PTT Bursel Teracam Dirumahkan Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top