• Headline News

    Wednesday, January 30, 2019

    Menolak Remisi Presiden, Kunjungan Yasonna di Warnai Aksi Jurnalis


    Lagu Terbaik Tahun 2021


    Manokwari, Kompastimur.com 
    Kehadiran Mentri Hukum dan Ham, Yasona Laoly di Manokwari,  disambut aksi demo oleh solidaritas Jurnalis di Manokwari. Puluhan wartawan menggelar aksi damai di halaman kantor Kemenkum Ham Papua Barat, Rabu (30/01/2019).

    Aksi  itu untuk mendesak dilakukannya pembatalan Kepres No 29/2018 tanggal 7 Desember 2018 terkait remisi yang salah satunya memberikan remisi terhadap terpidana seumur hidup otak pelaku pembunuhan wartawan Radar Bali, I Nyoman Susrama.

    Namun, pukul 10.45 WIT, Menteri justru meninggalkan Kantor Kemenkumham dan Menuju Kantor Gubernur Papua Barat tanpa menemui wartawan yang sejak pukul 09.00 WIT, melakuan orasi dan mendesak bertemu Menteri untuk menyerahkan pernyataan sikap.

    Bahkan, menteri tidak menggunakan Mobil berplat RI 25 yang dia gunakan.

    Adlu, Koordinator Aksi  dalam orasinya mendesak Menteri untuk meninjau dan mencabut remisi terhadap terpidana seumur hidup I Nnyoman menjadi penjara 20 tahun.

    "Kebebasan pers adalah hal mutlak dan remisi itu justru membungkam kebebasan pers," tegas wartwan cahaya papua itu.

    Orasi lain, Rasid Fatahudin meminta Menteri untuk menjelaskan lahirnya kepres itu. Meski wartawan tahu alasan kepres salah satunya adalah kemanusiaan.


    "Kami merasa itu bentuk pembengkangan. Ingat, pilar demokrasi salah satunya Pers. Kepres tersebut setajam Sembilu. Kita bukan manusia super, tapi wartawan itu makhluk bernilai dan tiada berita senilai nyawa," tegas Kontributor Radio El Shinta di Manokwari itu.

    Aris Balubun, wartawan Papua  Barat Pos, dalam orasinya meyakinkan, tidak ada kepentingan lain maupun kepentingan politik dalam aksi itu meski ini tahun politik.

    "Ini murni solidaritas untuk rekan jurnalis. kami jamin 1000 persen aman. Menteri tolong turun dengar aspirasi kami," pintanya.

    Menurutnya, Kepres itu melukai Hak asasi manusia dan berpotensi memberenggus kebebasan Pers di Indonesia

    Meski meyakinkan Mentri dan jajarannya, Yasonna tak kunjung menemui wartawan dan justru meninggalkan massa aksi.

    Para jurnalis menganggap tindakan Menteri itu menunjukan bahwa dia tidak menghargai profesi jurnalis.

    Mereka kemudian meninggakan halaman kantor Kemenkumham dan memilih untuk tidak memberitakan kegiatan Menteri di Manokwari. (KT/AR)



    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Menolak Remisi Presiden, Kunjungan Yasonna di Warnai Aksi Jurnalis Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top