• Headline News


    Saturday, January 12, 2019

    Bendungan Waektambaru Jebol, Padi Terancam Gagal Panen

     

    SBT, Kompastimur.com 
    Bendungan Waektambaru kecamatan Bula Barat Kabupaten Seram Bagian Timur ambruk sepanjang kurang lebih 25 meter. Ambruknya bendungan ini dipastikan sangat berpengaruh terhadap puluhan hektare sawah di daerah tersebut.

    Hal ini diungkapkan oleh Penjabat Desa Waektambaru, Husein Kelian saat ditemui media ini di Waeketambaru pada, Jumat (11/01/09) 

    Dirinya menjelaskan, dengan ambruknya bendungan tersebut, berpengaruh besar terhadap puluhan hektare sawah yang saat ini telah terisi padi, jika tidak, maka akan berpengaruh terhadap hasil panen milik para petani di Desa yang dipimpinnya.

    "Segera diatasi jika tidak maka bisa gagal panen," kata Kelian

    Selain itu, dirinya lebih lanjut menjelaskan, untuk mengalokasikan Anggaran untuk memperbaiki bendungan ini dengan dana desa tidaklah muda karena karena ini menelan anggaran ratusan hingga milyaran Rupiah, sehingga semuanya diserahkan ke pemerintah daerah, Baik Pemkab lewat Dinas pertanian maupun Pemprov Maluku, dalam hal ini Balai Sungai Provinsi Maluku.

    Ditambahkan, padi-padi yang telah ditanami ini siap panen pada bulan mendatang sehingga harus ada langkah-langkah kongkrit yang diambil sehingga tidak merugikan warganya, apalagi lumbung padi terbesar di SBT berada dalam wilayah yang dipimpinnya tersebut.

    "Harus ada langka konkrit, baik dari Pemkab maupun pemprov, sehingga semuanya bisa berjalan dengan baik, apalagi padi-padi ini telah siap panen sehingga harus terselamatkan," ujar Kelian

    Pantauan Lansung media ini, tampak terlihat bendungan yang yang selalu mengairi sawah-sawah tersebut telah kering akibat dari ambruknya bendungan ini sehingga air tidak bisa mengalir ke puluhan hektare sawah, akhirnya mesin pemompa air pun harus dijalankan untuk bisa memenuhi ketersediaan air sehingga sawah milik para petani ini tidak kering namun tidak bisa memenuhi semuanya.

    Hadir dalam kunjungan ke lokasi ambruknya Bendungan ini terdiri dari para perangkat Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan dari unsur keamanan, dalam hal ini babinsa dan babinkantibnas. (KT/FS)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bendungan Waektambaru Jebol, Padi Terancam Gagal Panen Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top