• Headline News


    Tuesday, December 11, 2018

    SASELE dan Dinas PKPP Bursel Gelar Sosialisasi Saber Pungli


    Namrole, Kompastimur.com 
    Satuan Polisi Sektor Namrole (SASELE) bersama Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PKPP) Kabupaten Bursel menggelar Sosialisasi pemahaman tentang  Saber Pungli (pungutan luar).

    Kegiatan sosialiaasi itu disampaikan oleh Kanit Binmas Polsek Namrole Brigpol Bastian Tuhuteru bersama rekannya Brigpol Khalik Wanci, yang berlangsung dikantor dinas tersebut, Selasa (11/12).

    Brigpol Tuhuteru kepada media ini mengatakan, sosoalisasi ini sangat penting agar masyarakat harus berani melapor kalau ada terjadi pungli.

    "Jadi masyarakat sekarang harus berani melapor kalau ada pungli dan mau jadi saksi," ujar Tuhuteru.

    Materi yang disampaikan yakni Sosialisasi Peraturan Presiden RI No 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar.

    " Dalam materi itu, kami menghimbau kepada seluruh aparatur negara agar senantiasa bekerja dengan tidak memungut biaya diluar dari pada ketentuan yang telah ditentukan," jelasnya.

    Lanjut Tuhuteru, selain Himbauan bahaya pungli juga diberika  pemahaman dan pengertian Pungli serta jenis-jenis Pungli yang berpotensi terjadi di dalam dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Bursel.

    Turut hadir dalam sosialisasi itu, Kadis Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Melkior Solissa bersama staf dan para pegawai dinas.

    Kadis PKPP Bursel, Melkior Solissa  kepada wartawan mengaku sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan ini. 

    Menurutnya, sosialisasi ini sangat penting bagi dirinya dan staf serta para pegawainya. 

    Dikatakan, dinas yang dipimpinnya ini sangat bersentuhan langsung dengan masyarak dari sisi perijinan.

    "Terkadang kita tidak tahu, jika ada masyarakat yang datang mengurus ijin IMB, lalu masyarakat memberi uang tanda terimkasih tanpa kita minta, itu juga pungli," sebutnya.

    Ia menjelaskan bahwa, pemberian uang tanpa dasar hukum, dan tidak di atur dalam undang-undang, itu merupakan pungli.

    "Siber pungli ini harus dilakukan dan  terus disosialisasikan, kemudian melakukan pembinaan. Harus sosialisasi dan pembinaan," tuturnya. (KT/06)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: SASELE dan Dinas PKPP Bursel Gelar Sosialisasi Saber Pungli Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top