• Headline News

    Tuesday, December 25, 2018

    Kapolres Pulau Buru Kunjungi Masyarakat Komunitas Adat Terpencil Bursel


    Lagu Terbaik Tahun 2021


    Namrole, Kompastimur.com 
    Kapolres Pulau Buru, AKBP Ricky Purnama Kertapati dalam kunjungan pertamanya di Kabupaten Buru Selatan (Bursel) yang masih dalam wilayah hukum Polres Pulau Buru, menemui masyarakat Komunitas Adat di Dusun Walafau, Desa Wamkana, kecamatan Namrole, Senin (24/12/2018).

    Daerah terpencil yang berada di pegunungan Buru Selatan itu dikunjungi Kapolres yang belum sebulan bertugas di Polres Pulau Buru ini bertujuan untuk bersilaturahmi dengan masyarakatnya terkhusus bagi anak-anak di dusun itu.

    Pantauan media ini, dengan menggunakan mobil dinasnya, Kapolres AKBP Ricky Purnama Kertapati yang didampingi oleh Kapolsek Namrole AKP Yamin Selayar dan Kabag Ren AKP A. Palambo tiba di dusun Walafau mendapat sambutan hangat dari Kapala Adat, Kapala Soa dan Kapala Dusun, masyarakat dan anak-anak sekolah.

    Ketika disambut kapala adat dan kapala soa, Kapolres dan Kapolsek disarungkan kain iputin (Kain Adat Masyarakat Pulau Buru), Usai pengalungan kain adat, kapolres disuguhkan tarian cakalele.

    Tujuan dari kunjungan Kapolres ke dusun terpencil ini untuk menemui anak-anak sekolah yang dibina oleh salah satu anggotanya, Brigpol Bastian Tuhuteru yang bertugas di Polsek Namrole.


    Kapolsek juga disambut anak-anak SD ini sebelum ia memasuki sekolah yang hanya satu ruang kelas yang dibangun oleh Pemda Bursel. Walaupun berdinding papan, namun bagi masyarakat telah bersyukur karena anak-anak mereka bisa belajar dengan baik.

    Kapolres dalam dialognya dengan anak-anak dusun terpencil ini sangat berterima kasih kepada anak buahnya Bastian Tuhuteru karena telah membuat anak-anak itu bisa mengenal huruf dan angka.

    Juga kepada tokoh adat dan masyarakat, Kapolres juga menyampaikan terima kasih karena turut membantu anak buahnya dalam mendidik anak-anak di desa tersebut.

    Kepedulian dari Kapolres kepada anak-anak itu ditandai dengan bantuan seperangkat alat tulis dan membaca yang dikemas dalam satu buah tas.

    Selain memberikan seperangkat alat tulis dan membaca (buku tulis), Kapolres juga memberikan sumbangan talih kasih berupa uang kepada tokoh masyarakat.

    Kapolres berharap, anak-anak di desa ini harus giat belajar sehingga tidak tertinggal dengan anak-anak lain yang ada di ibu kota Kabupaten Buru Selatan.


    Kata Kapolres, jika anak-anak ini mendapat pendidikan yang baik maka suatu saat siapa tahu ada yang bisa menjadi polisi atau menjadi bupati.

    Kapala Soa, Nurlatu mengaku merasa sangat bangga dengan kunjungan Kapolres ke dusun mereka. Dikatakan, baru pertama kali ada pejabat di Buru Selatan yang datang ke tempat mereka.

    Ia berharap kepada Pemda setempat melalui Kapolres agar dapat memperhatikan masalah pendidikan bagi anak-anak mereka dengan harapan ada bantuan mobiler serta penambahan ruang kelas lagi dan harapan tersebut disambut oleh kapolres.

    Kapolres katakan, Ia akan ajukan harapan masyarakat ke pemerintah daerah Bursel serta ke Polda Maluku khusus bantuan dibidang pendidikan.

    Kapolres juga berpesan kepada anggota Brigpol Bastian Tuhuteru agar selalu melakukan komunikasi sengan masyarakat dan terus memberikan pembelajaran bagi anak-anak Dusun Walafau.

    Pada sesi foto bersama, Kapolres memberikan Tongkat Komandonya kepada salah satu Siswi, Vita Nurlatu untuk memegangnya. Kata Kapolres, agar siswa ini juga bisa merasakan memegang tongkat Kapolres. Harapan Kapolres, siswi ini suatu saat bisa menjadi anggota polisi (Polwan).


    Usai foto bersama, Kapolres yang hendak pulang, mendapat permintaan khusus yang sangat langkah terjadi yakni, seorang tokoh adat meminta mendengar bunyi tembakan, dan permintaan yang tidak lazim ini dikabulkan Kapolres yang ditembaki oleh ajudannya sebanyak dua kali ke udara.

    Sementara itu, Brigpol Bastian Tuhuteru mengaku kunjungan atasannya melihat langsung perkembangan anak didiknya adalah sebuah kehormatan bagi dirinya.

    Tuhuteru berharap dari kunjungan Kapolres ini dapat menjadi perhatian serius dari pemda setempat dan khususnya kepada Polda Maluku dalam memberikan pethatian kepada masyarakat.

    Dikatakan, suda dua kali dia mendapat penghargaan dari Polres dan salah satu penghargaan itu yakni bidang pendidikan yang sedang dilakukannya kepada anak-anak di dusun Walafau ini. (KT/06)



    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kapolres Pulau Buru Kunjungi Masyarakat Komunitas Adat Terpencil Bursel Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top