• Headline News


    Saturday, November 24, 2018

    BKP Bursel Gelar Workshop Peningkatan Mutu Sertifikasi Produk



    Namrole, Kompastimur.com 
    Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kabupaten Buru Selatan menggelar workshop peningkatan mutu dan sertifikasi produk kegiatan rantai nilai (value chain).

    Workshop ini berlangsung di gedung Balai Desa Labuang ini dibuka langsung oleh Kapala Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Buru Selatan Hakim Tuankotta dan diikuti oleh 50 orang peserta Kelompok Solid dari Enam Kecamatan di kabupaten itu, Kamis (22/11/2018).

    Narasumber pada kegiatan tersebut terdiri dari Kapala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jan Latupeirissa, perwakilan dari Dinas Kesehatan dan dari Badan Ketahanan Pangan sendiri.

    Tuankotta dalam arahannya menyampaikan bahwa, kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan tugas dan tanggung jawab bersama terkait dengan peningkatan kesejahtraan petani kecil yang ada di kabupaten Buru Selatan.

    Menyadari itu kata Tuankotta, kegiatan ini dipandang sangat penting dan suda saatnya berada pada peningkatan produksi yang harus positif dalam pengembangan produksi.

    Dijelaskan bahwa, dari hasil produksi itu harus melalui proses uji mutuh oleh Balai Pom serta sertifikat produksi pangan industri rumah tanggah berdasarkan peraturan pemerintah.

    "Untuk semua prodak-prodak yang kita hasilkan harus mendapat ijin sertifikasi," ujarnya.

    Untuk penentuan pangan yang aman dan bermutuh menurutnya, merupakan hak asasi setiap manusia tidak terkecuali untuk pangan industri yang dihasilkan rumah tangga.

    "Makanan dan minuman yang digunakan masyarakat berdaasarkan standart dan kesehatan dan sudah harus mealui pengujian Balai Pom," ujarnya.

    Tuankotta katakan, makanan dan minuman yang tidak memenuhi standar kesehatan atau membahayakan kesehatan dilarang untuk diedarkan.

    "Untuk makanan yang tidak memenuhi standar akan ditarik dari peredaran, dicabut ijin edarnya, disita untuk dimusnahkan sesuai ketentuan peraturan yang berlaku," tutupnya. (KT/04)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: BKP Bursel Gelar Workshop Peningkatan Mutu Sertifikasi Produk Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top