• Headline News


    Monday, October 15, 2018

    Undangan Terbagi Belum Merata, PSU Pilkades Labuang Diundur



    Namrole, Kompastimur.com 
    Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Labuang, Kecamatan Namrole, Kabupaten Buru Selatan diundur. Sebelumnya panitia pilkades tingkat kabupaten menjadwalkan PSU dilakukan Sabtu (13/10).

    Hanya saja kesiapan panitia pilkades tingkat kabupaten dan pembagian undangan kepada warga Desa Labuang yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) belum merata akibatnya PSU diselenggarakan hari ini, Senin (15/10).

    Hal utu diungkapkan Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Buru Selatan, Ridwan Nyio yang dikonfirmasi kami melalui telepon selulernya kemarin.

    Menurutnya, penundaan tersebut atas kesepakatan bersama seluruh calon Kepala Desa dan panitia pilkades tingkat kabupaten.  “Penundaan karena distribusi undangan belum merata. Sehingga kita undang seluruh calon kepala desa untuk rapat dan menyampaikan permasalahan yang dihadapi. Atas persetujuan bersama makam PSU dilaksanakan Senin (15/10),”ujar Nyio.

    Ketika ditanya apakah distribusi undangan kepada warga sudah merata, Nyio menyebutkan sekitar 90 persen telah diterima warga DEsa Labuang.

    “Tersisa yang belum dibagi  terbagi yang masih berada di panitia itu kurang lebih 200 undangan. Bagi masyarakat yang namanya ada di DPT namun belum menerima undangan silahkan datang ke panitia,” sebutnya.

    Kata dia, panitia menyiapkan tiga lokasi tempat pemungutan suara (TPS).

    “Jadi ada tiga TPS yakni di SD Negeri 1 Labuang, Balai Desa Labuang dan di dusun kilo tujuh,” tuturnya.

    Sementara itu, PSU pilkades Labuang juga diperketat dengan pengawalan aparat keemanan dibantu Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Buru Selatan.

    “Sesuai hasil rapat dengan pak sekda dan pihak keamanan. Satu TPS dijaga enam personil  aparat keamanan ditambah empat orang Satpol PP untuk TPS 1 dan 2. Sementara TPS 3 di Dusun kilo tujuh itu tetap enam perosil keamanan dan dibantu 2 personil,” rincinya.

    Nyio yang juga mantan Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buru Selatan, menghimbau warga Desa Labuang untuk berbondong-bondong datang menyalurkan hak suaranya pada PSU agar bisa memenuhi persyaratan 50 persen lebih sesuai aturan yang berlaku.

    Sekedar diketahui pilkades serentak gelombang kedua yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Buru Selatan berlangsung 1 Oktober 2018 kemarin, salah satunya Desa Labuang. Namun lantaran partisipasi pemilih tidak mencukupi ketentuan 50 persen tambah satu  dari jumlah DPT  Pilkades Labuang 2.482 orang maka atas kesekapatan calon kepala desa dan panitia kabupaten dillaksanakan PSU . Pilkades Labuang diikuti lima kandidat masing-masing, Remsy Nurlatu, Suradji Fakaubun, Muhamad Tentua, Edison Nurlatu  dan  Daniel Baker. (KT/09)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Undangan Terbagi Belum Merata, PSU Pilkades Labuang Diundur Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top