• Headline News


    Saturday, September 22, 2018

    Polres SBB Gelar Rangkaian Kegiatan Ops Mantap Brata 2018



    SBB, Kompastimur.com 

    Polres Seram Bagian Barat (SBB) menggelar dua rangkaian kegiatan Ops Mantap Brata 2018 menjelang Pemilu Tahun 2019 karena dipandang memiliki kerawanan dan karakteristis yang khas, yaitu untuk pertama kalinya Pileg dan Pilpres akan dilaksanakan secara serentak dengan ambang batas parlemen/parliamentary threshold sebesar 4 %.

    Release yang diterima media ini, dua kegiatan yang digelar yaitu Polres SBB melaksanakan kegiatan mantap Brata Lanjutan Latihan Operasi (Latops) Mantap Brata 2018 Polres SBB pada hari Jumat tanggal 21 September 2018 pukul 08.00 WIT bertempat di Lapangan Apel Polres SBB dan  Rapat Koordinasi Daerah.

    Bertindak sebagai pemateri pada Latops Mantap Brata 2018 yaitu Kasatgas Preventif (Kasat Sabhara Res SBB) dibawa pimpinan AKP J. de Fretes.

    Adapun materi yang disampaikan yaitu Drill Gerakan Dalmas Awal yang disampaikan oleh Ps. Kanit 1 Dalmas Sat Sabhara BRIPKA F. Kuhuwael dan Ps. Kasubnit 1 Dalmas Sat Sabhara BRIPKA H. Noya dan diikuti oleh Gabungan Personil Polres SBB dan Polsek Jajaran.

    Kemudian dilanjutkan dengan Simulasi Tata Cara Pengamanan dan Pengawalan VIP/VVIP yang diikuti oleh Gabungan Personil Polres SBB dan Polsek Jajaran serta Personil Brimob Subden 2 Den B Piru.

    Kegiatan ini berakhir Pukul 10.30 WIT dengan situasi dalam keadaan aman dan terkendali.


    Sementara untuk kegiatan Rapat Koordinasi Daerah yang digelar Polress dalam rangka Pengamanan Pemilu 2019 di Kabupaten SBB berlangsung di Aula Bhayangkara Polres SBB dan dibuka oleh Kapolres SBB AKBP Agus Setiawan, Jumat (21/09) Pukul 08.45 WIT. 

    Dalam sambutanya, Kapolres menjelaskan kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari kegiatan yang dilaksanakan di Polda Maluku guna mempersiapkan Polres SBB dan seluruh instansi terkait dalam menghadapi Pilpres dan Pileg Tahun 2019 di Kab. SBB.

    “Kegiatan ini juga untuk mengevaluasi dari Pilkada Tahun 2018 terkait dengan potensi yang terjadi menjelang dan saat Pilpres dan Pileg Tahun 2019. Kasus tanjung sial, mari samakan presepsi sehingga dapat mengantisipasi kerawanan yang terjadi,” kata Kapolres.

    Selain itu, Kapolres pada kesempatan itu menyebutkan kegiatan ini juga juga merupakan ajang silahturahmi antara TNI-POLRI, Pemda SBB, KPU dan Bawaslu Kabupaten SBB dengan satu tujuan dan harapan agar Pilpres dan Pileg Tahun 2019 di Kabupaten SBB berlangsung aman, damai dan lancar.

    Kegiatan ini dilanjutkan dengan penyampaian paparan oleh Kabag Ops Res SBB AKP Akmil Djapa, yang menjelaskan tentang Kesiapan Polres SBB dalam rangka Pengamanan Pemilu 2019 di Kab. SBB, Ancaman dalam pelaksanaan Pemilu 2019, Obyek Pengamanan dan, Pengamanan pada pentahapan inti dan alokasi personil yang melakukan pengamanan pada pelaksanaan pentahapan.

    Sekda SBB M. Tuharea di forum itu menyampaikan permasalahan terkait penempatan TPS di wilayah Tanjung Sial yang mana wilayah tersebut masih dalam permasalaha batas wilayah antara Kab. SBB dengan Kab. Maluku Tengah dan masih adanya penduduk di Kecamatan Elpaputih yang masuk dalam DPT Kabupaten Maluku Tengah.

    Ketua KPU Kabupaten SBB A. Silehu menyampaikan terkait Dapil yang telah ditetapkan dalam pelaksanaan Pemilu 2019 di Kabupaten SBB, Penetapan DCT Pemilu 2019 Kabupaten SBB sebanyak 423, Permasalahan batas wilayah antara Kab. SBB dengan Kab. Maluku Tengah di Tanjung Sial dan menganjurkan kepada masyarakat untuk segera melaporkan diri apabila nama belum masuk dalam DPT Pemilu 2019 Kabupaten. SBB

    Sementara, Ketua Bawaslu Kabupaten SBB H. Tangkota, memaparkan tentang Dasar hukum tugas Bawaslu Kabupaten SBB, DPT Kabupaten SBB dan rinciannya.

    Tangkota juga menekankan perlunya adanya ketegasan dari Pemda SBB terkait wilayah Tanjung Sial agar adanya kejelasan status wilayah Tanjung Sial guna meminimalisir pendistribusian Form C6 (Surat Undangan) yang berlebihan di Tanjung Sial begitu juga dengan beberapa wilayah di Kabupaten SBB yang sulit dijangkau dalam hal transportasi dan komunikasi serta Penindakan terhadap pelanggaran administrasi dalam proses Pentahapan Penetapan DCS Pemilu 2019 Kab. SBB.

    “ Kecamatan yang masuk dalam indeks kerawanan diantaranya Kecamatan Kairatu, Kecamatan Kep. Manipa dan Kecamatan Huamual,” kata Tangkota.

    Kegiatan ini dilanjutkan dengan diskusi penyampaian saran dan tanggapan oleh Wakapolres SBB KOMPOL Bachri Hehanussa, Ketua Bawaslu Kab. SBB H. Tangkota, Saran dari Kabag Pemerintahan Kab. SBB Drs. J. R. Kapuate,  serta saran dari Kapolsek Huamual IPDA Rahmat Ramdani, Tanggapan dari Ketua KPU Kab. SBB Drs. A. Silehu, Saran Danramil 1502-07 Piru Kapt. A. Laturake

    Turut hadir dalam rapat tersebut diantaranya Para Kabag Kasat dan Perwira Staf Res SBB, Danki Brimob Subden 2 Den B Piru IPTU Supriadi, Danki Satgas BKO Yonif 711 Rakasatama Piru LETTU Abd. Hafid dan  Para Kapolsek Jajaran Polres SBB. (KT/Rls)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Polres SBB Gelar Rangkaian Kegiatan Ops Mantap Brata 2018 Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top