• Headline News





    Friday, September 28, 2018

    Memperingati Hari Tani Nasional, GMNI SBT Gelar Aksi Demo


    Lagu Terbaik Tahun 2021


    SBT, Kompastimur.com 
    Dalam rangka memperingati hari Tani Nasional yang jatuh pada tanggal 24 September kemarin, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Seram Bagian Timur turun jalan. Demonstrasi yang dipimpin lansung oleh Ketua GMNI Cabang SBT, Irwan Derlean ini berlansung pada, Kamis (27/9) di depan Kantor Bupati Seram Bagian Timur Jln.Ampera Bula.

    Aksi yang dimulai dari Sekretariat GMNI SBT menuju Kantor Bupati dan masa aksi tiba tepat Pukul 11:00 WIT, para aktivis GMNI ini berorasi tepat di pintu masuk kantor Bupati, namun pintu masuk ditutup rapat dan dijaga oleh pihak Kepolisian dan Satuan polisi pamong praja.

    Hal ini membuat aktivis GMNI geram sehingga atas perintah Ketua Cabang, para aktivis GMNI kemudian menutupi badan jalan sehingga membuat sedikit kemacetan didepan Kantor Bupati yang bersebelahan dengan kantor RRI Bula dan kantor Pos Bula, namun lagi-lagi pintu utama masuk ke kantor Bupati belum dibuka, sehingga para pedemo kemudian mendorong pintu utama sehingga terjadi dorong mendorong denga pihak keamanan yang dibatasi pagar pun tak terelakkan.


    "Saya perintahkan semuanya tutup jalan pada hari ini karena kita tak dihargai. Dalam hitungan ketiga segera dombrak pagar agar kita bisa masuk dan berorasi didepan kantor Bupati," teriak Derlean.

    Setelah Kabag Humas berkoordinasi dengan para pendemo akhirnya para pendemo dipersilahkan masuk dan berorasi didepan Kantor Bupati SBT, namun Bupati Seram Bagian Timur tak juga keluar untuk menemui mereka sehingga tensi gerakan pun meningkat sehingga terjadi dorong-mendorong antara pihak keamanan dan pendemo pun berlanjut didepan Kantor Bupati.

    Setelah itu, salah satu perasatuan Alumni (PA), hardy kwaikamtelat memerintahkan para kawan-kawannya untuk menerobos masuk agar bisa bertemu lansung dengan orang nomor satu di SBT tersebut agar bisa menyampaikan tuntutan.

    "Kasi mati sound system, kita pakai megafon saja untuk lansung masuk dan bertemu Bupati," teriak kwaikamtelat dengan lantang.

    Dalam aksi demo itu, aktifis GMNI ini menyinggung salah satu perusahaan pemegang HPH di Seram Bagian Timur Kecamatan teluk waru PT. STRATA PACIFIC yang dinilia merusak lingkungan.

    Bupati SBT, Abdul Mukti Keliobas akhirnya menerima delegasi pendemo dalam ruang kerjanya.


    Keliobas saat dicegat awak media di depan kantor Bupati menjelaskan, izin yang dikantongi oleh pihak Perusahaan PT. STRATA PACIFIC lansung dari Pemerintah pusat sebelum dirinya terpilih menjadi Bupati sehingga apa yang menjadi keinginan dan tuntutan para pendemo akan disampaikan ke Dinas Kehutan Provinsi Maluku dan pemerintah pusat.

    "Saya akan berkoordinasi dengan Dishut Provinsi. tuntutan pemdemo akan dikirim lansung ke Pempus karena izinnya dari sana karena masalah kehutanan yang berkaitan dengan izin bukan lagi kewenangan Pemkab,"kata Keliobas. (KT/FS)



    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Memperingati Hari Tani Nasional, GMNI SBT Gelar Aksi Demo Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    loading...
    Scroll to Top