• Headline News


    Tuesday, September 25, 2018

    Gubernur Sulsel Buka Porda Ke-XVI Di Pinrang



    Pinrang, Kompastimur.com
    Gubernur Sulawesi Selatan Prof Nurdin Abdullah, secara resmi membuka Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI Sulawesi Selatan di Kabupaten Pinrang, Minggu (23/9/2018).

    Pembukaan secara simbolis dilakukan Gubernur Sulsel dengan menekan tombol sirene, yang dikuti dengan pelepasan merpati dan balon ke udara. Obor api Porda dinyalakan oleh atlit takraw asal Pinrang yang berhasil meraih medali pada Asian Games 2018, Muhammad Ardiansyah.

    Acara pembukaan yang dilangsungkan di Stadion Bau Massepe, Kecamatan Palleteang, dihadiri anggota Forum Koordanasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulawesi Selatan dan para Bupati dan Wali Kota serta ketua DPRD se-Sulsel.

    Hadir juga mantan Gubernur Sulsel Amin Syam dan istri.

    Pekan olahraga empat tahunan ini, akan berlangsung hingga 30 September mendatang. Ada 28 cabang olahraga dipertandingkan dengan diikuti oleh 3.786 orang atlit.

    Sebelum acara pembukaan digelar, didahului dengan defile kontingen yang tampil di Stadion Baumassepe secara berurutan, yakni, Bantaeng, Barru, Bone, Bulukumba, Enrekang, Gowa, Jeneponto , Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, Makassar, Maros, Palopo, Pangkep, Parepare, Selayar, Sidrap, Sinjai, Soppeng, Takalar, Tanah Toraja, Toraja Utara, Wajo, Pinrang, dan Defile Wasit. 

    Dalam defile peserta dari masing-masing Kabupaten dan Kota mempersembahkan berbagai atraksi, seperti olahraga andalan, seni, budaya atau ciri khas mereka.

    Gubernur Sulsel, Prof.Nurdin Abdullah dalam sambutannya mengatakan, kita baru saja menyaksikan atraksi dengan tari kolosal,  rasanya mengingatkan kita pada pembukaan Asian Games.

    "Ini luar biasa, ini adalah suatu kesan yang ditinggalkan oleh Bupati Pinrang diakhir masa jabatan beliau," ungkap mantan Bupati Bantaeng 2 periode itu.

    Selanjutnya Gubernur Sulsel menyebutkan bahwa ada manfaat lain, terutama dari sisi perekonomian, karena selain atlet juga banyak masyarakat Sulsel yang akan tumpah ke objek wisata, restoran dan pusat aktivitas ekonomi lainnya. Pada event Porda juga diharapkan akan lahir bibit atlet untuk dipersiapkan pada ajang Pekan Olahraga Nasioanal (PON).

    "Jadikan ini sebagai ajang memupuk atlet-atlet berprestasi kita," pesan Gubernur Sulsel lagi.

    Prof Nurdin mengungkapkan, ada kelemahan pada sistem pembinaan atlet, yakni setelah ajang kompetisi selesai, mereka justru mencari pekerjaan atau fokus sebagai tenaga honorer, pegawai kontrak dan PNS. Ia berharap ada perlakuan khusus bagi mereka.

    "Harusnya diberikan perlakuan khusus untuk terus berlatih dan melakukan exercise memberikan persiapan diri untuk ajang berikutnya," terangnya lagi.

    Oleh karena itu, kedepan Provinsi Sulsel akan menghadirkan pelatih internasional. Menurut Prof Nurdin, Sulsel juga harus bersiap menjadi tuan rumah untuk ajang Pekan Olahraga Nasional (PON).


    Sementara itu, Ketua KONI Sulsel Ellong Tjandra, menyebutkan, Porda ini sebagai moment penting bagi pengurus dan merupakan pintu masuk untuk menemukan atlet untuk dibina masuk dalam program Sulsel Prima dan pekan olahraga menjadi moment penting sebagai persiapan PON Papua 2020.

    Dalam sambutan selamat datangnya, Bupati Pinrang Andi Aslam Patonangi, mengucapkan  selamat datang di Kabupaten Pinrang kepada Gubernur Sulsel, Bupati dan Wali Kota se-Sulsel, para atlit dan official. 

    Sedangkan, Ketua Umum Porda, Islamuddin, menyampaikan, selain diikuti peserta sebanyak 3.786 orang atlit, juga wasit dan juri sebanyak 624 orang, panitia pelaksana 978 orang dan panitia penyelenggara pemenang 50 orang.
                                     
    Porda di Bumi Lasinrang ini, mengangkat tema, "Menciptakan Atlit Berprestasi Nasional dan Internasional Melalui Porda Sulsel ke-16 Tahun 2018 di Bumi Lasinrang,". (KT/MZT)



    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Gubernur Sulsel Buka Porda Ke-XVI Di Pinrang Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top