• Headline News


    Monday, September 3, 2018

    129 Maba STKIP Ita Wotu Nusa Ikut Ospek



    Bula,  Kompastimur.com
    Pelaksanaan Masa Orintasi Pengenalan Kampus bagi mahasiswa baru (Maba) Yayasan Nafiri Ukar Sengan, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Ita Wotu Nusa Kabupaten Seram Timur (SBT) sudah mulai dilakukan.

    Kegiatan tersebut berlangsung di Aula SMK Negeri 2 Maritim Bula, (25/8). Kegiatan dengan mengangkat tema "Berkolaborasi dan bersinergi membangun Negeri Ita Wotu Nusa".

    Sebanyak 129 Maba mengikuti kegiatan Ospek tersebut. Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Yayasan Nafiri Ukar Sengan Hi. Ibrahim Wokas, Ketua III Bidang Kemahasiswaan STKIP Ita Wotu Nusa Sidik Rumalowak, Perwakilan Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Maritim Bula Ismed Lisaholit, Wakip Ketua Bidang Akademik Dzulkifli Retob, Wakip II Kemahasiswaan Irwansyah Rumbouw, Operator Pangkalan Data Isnawi Darlauw, Mantan Ketua BEM Jufri Siwa-siwan,  Ketua Bem Lukman Smual, Ketua Panitia Kegiatan Ospek Arif Rumau serta Panitia dan Peserta.


    Ketua Yayasan Nafiri Ukar Sengan Ibrahim Wokas dalam sambutanya mengajak seluruh Maba untuk senantiasa mendoakan pendiri STKIP Ita Wotu Nusa Ibu Sri Utami Wokas.

    " Marilah kita membaca Alfatiha untuk mendoakan pendiri kampus ini semoga senantiasa beliau diterima disisi sang Ilahi Rabbi," ajak Wokas seraya memanjatkan doanya.

    Dalam kesempatan itu pula Wokas menggambarkan berdirinya STKIP Ita Wotu Nusa di Kabupaten SBT, yang telah mampu menjawab taraf hidup masyarakat guna memajukan pendidikan dan menjadikan generasi muda yang bermodal pendidikan seperti masyarakat lain pada umumnya.

    "Jika kita berbicara terkait kampus STIKIP Ita Wotu Nusa sampai pada hari ini belum ada tangan dari pemerintah untuk membantu kita tetapi semuanya dana yang di dapatkan adalah dari yayasan," kata Wokas.

    Selain itu Wokas juga sepakat untuk memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang berpendidikan di kampus yang berlokasi di area pantai gumumae tersebut, beasiswa yang di berikan adalah Sri Utamai Fundation.

     "Atas kesepakatan saya dan anak-anak semua bahwa harta yang di tinggalkan oleh Almarhuma selaku pendiri STKIP Ita Wotu Nusa ini kita hibahkan untuk kepentingan generasi muda di Kabupaten SBT," ungkap Wokas yang juga menjabat sebagai Ketua Latupatti Maluku itu.

    Lebih lanjut Wokas menyampaikan, melalui pendidikan ini maka itu Sri Utami Foundation ini dihibahkan untuk membantu anak-anak yang mungkin tidak mampu dalam hal ini anak yatim piatu dan juga anak -anak yang yang mempunyai prestasi baik.

    “ Bantuan beasiswa ini kita mulai laksanakan pada tahun ini pada anak-anak mahasiswa yang baru sampai dia bisa meraih title sarjana di kampus ini, itu tujuannya," terangnya.

    Senada dengan Wokas, Ketua III bidang Kemahasiswaan STKIP Ita Wotu Nusa, Sidik Rumalowak mengatakan, kegiatan pengenalan kampus ini bertujuan untuk memperkenalkan, mempersiapkan dan mengakselerasi Maba dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang sadar akan hak dan kewajibanya.

    Termasuk di dalamnya, lanjutnya, memuat antara lain tentang sistem pendidikan tinggi kegiatan akademik dan kemahasiswaan serta kebijakan kampus dan materi lainnya seperti, bela negara, radikalisme, penyalahgunaan narkoba sehingga, dia berharap akhirnya mereka dapat mendukung keberhasilan studinya di perguruan tinggi.

    “Kegiatan ini menjadi tanggung jawab kami, yang didukung oleh dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa,” ujar Rumalowak.


    Guna mengimplementasikan hal itu, lanjut dia, perlu diperkuat peraturan internal perguruan tinggi guna menghindari pelanggaran atas tata tertib, norma dan etika serta hukum, terutama terkait pencegahan dan penanggulangan terhadap kekerasan dan hal-hal lain yang dapat mengancam tata kehidupan kampus dan kokohnya NKRI.

    “Intinya kegiatan ini merupakan pembentukan watak dan karakter bagi seorang mahasiswa baru,” ungkapnya.

    Pada dasarnya, sambung dia, pengenalan kampus juga merupakan pintu ilmu bagi Maba. Pintu ini akan dibuka dan dicermati atau dipelajari secara saksama oleh mahasiswa baru untuk memperdalam ilmunya.

    “Bila dari pintunya saja sudah buruk, bisa saja didalam pintu akan sama buruknya,” terangnya. (KT-11)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: 129 Maba STKIP Ita Wotu Nusa Ikut Ospek Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top