• Headline News


    Monday, August 6, 2018

    SOLID SBT Gelar Pelatihan Kepada 24 Kelompok Binaan



    SBT, Kompastimur.com  
    Smallholder Livelehood Development Project In Eastern Indonesia (SOLID) dibawah naungan Internasional IFAD (International Fund For Agricultural), Kabuapten Seram Bagian Timur, resmi gelar Pelatihan Kepada 24 Kelompok binaan Pada, Sabtu (4/8) di Resto Sigafua Jln Protokol Bula.

    Workshop yang digelar, mulai dari tanggal 4-5 ini dihadiri oleh, perwakilan dari 24 Kelompok binaan yang berhasil dibina menjadi kelompok tani yang produktif. Hadir sebagai Narasumber dalam workshop tersebut terdiri dari Kepala dinas ketahanan pangan SBT, Mirnawati Derlen, Koordinator SOLID SBT, Agus Nurlete, Tenaga Ahli program pembangunan dan pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), Abubakar Tuhuteru, Joko Murtiono, dari Kawasan Perdesaan, Abdurahman Renwarin, serta dinas Pertanian Novel Alkatiry 

    Dari Kwasan Perdesaan, Abdurahman Renwarin dalam paparannya menjelaskan, Masyarakat harus berperan sehingga menjadi Icon permodalan sehingga bisa menjawab proses jual beli. Ditambahkan, untuk mewujudkan semua ini, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) harus dijadikan sebagai sarana, sehingga proses dari semua ini dilakukan melalu Bumdes.

    ,"Masyarakat kampung bisa berperan menjadi icon permodalan untuk menjawab proses jual beli hasil daerah tersebut melalui bumdes,"Ucap Renwarin.


    Pelatihan teknis ini untuk mendukung sentra bisnis adalah, untuk memadukan pemahaman dn serangkaian kegiatan pertanian, tentang konsep pengembangan sentra bisnis sebagai satu kesatuan yang utuh dalam prespektif sistem di kawasan pengembangan program penyuluhan dan pendampingan petani pelaku agribisnis (P4A), sehingga dapat mendorong peningkatan daya saing komoditas dan kawasan, serta pada gilirannya kesejahteraan masyarakat semakin membaik.

    Untuk diketahui, Program unggulan Solid Seram Bagian Timur terdiri dari, minyak goreng Mnnlen dari Desa Namalena, Jus Pala Tunil Dari Desa Tunas Ilur, kacang botol solang dari Solang, Bubuk kakao dari Desa jembatan basah, Ikan julung dari kelu, Abon dari kilwaru, tepung sagu dari Desa Angar, Sagu lempeng dari kian. (KT-FS) 

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: SOLID SBT Gelar Pelatihan Kepada 24 Kelompok Binaan Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top