• Headline News


    Tuesday, August 7, 2018

    Ribuan Warga Padati Tabligh Akbar Masyarakat Jawa Maluku



    Piru, Kompastimur.com  
    Paguyuban Masyarakat Jawa Maluku yang tergabung dalam Forum Komunikasi Masyarakat Jawa menggelar Tablig Akbar dalam rangka silahturahmi masyarakat Jawa Provinsi Maluku yang dipusatkan di Desa Waimital Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat Provinsi Maluku, Selasa (7/8).

    Tablig Akbar yang berlangsung dihalaman Masjid Nurul Falah Desa Waimital yang dihadiri oleh K.H.ANWAR ZAHID dari Bojenegoro sekaligus memberikan siraman kalbu (ceramah) Kepada Masyarakat Jawa Provinsi Maluku dan para tamu undangan yang ikut hadir pada kegiatan Tabligh akbar tersebut.

    Terlihat hadir pula Bupati Seram Bagian Barat Moh Yasin Payapo, Kapolres SBB Agus Setiawan, Kepala Kemenag SBB La Fata, Muspika Kecamatan Kairatu, Ketua PC NU Kabupaten SBB, Para sesepuh, Alim Ulama Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Ketua Forkom Masyarakat Jawa Provinsi Maluku serta tamu undangan tabligh akbar.

    Tablig Akbar dalam rangka Silaturahmi Masyarakat Jawa Provinsi Maluku dengan tema yang diangkat yakni "Merajut Tali Silahturahmi, Mempererat Ukhuwah Islamiyah dan Wa'thoniah di Bumi Saka Mese Nusa".


    Ketua Panitia Penyelenggara Kagiatan Tabligh Akbar Eko Budiono Pilmuda saat di wawancarai awak media menuturkan,Tabligh ini merupakan momentum terbesar bagi keluarga masyarakat Jawa yang dalam kurung waktu yang lama pada hari ini bisa berkumpul bersama-sama untuk mendengarkan maulud khasanah dari kiyai yang cukup penomenal.

    " Kami sangat bersyukur dengan antusias masyarakat jawa dan ini cukup luar biasa dan ini pula menandakan bahwa kita masyarakat masih butuh sosok kiyai yang bisa memberikan pencerahan atau penyampaian dakwah kepada para jamaah" ungkap Budiono.


    Budiono menambahkan, intinya masyarakat masih membutuhkan sosok kiyai yang menyampaikan dakwah itu secara damai, himoris, ringan yang bisa ditanggap oleh seluruh jamaah yang hadir.

    Ditanyakan soal mereka yang hadir berasal dari daerah mana saja Budiono menjelaskan, mereka yang hadir berdasarkan registrasi ada yang berasal dari Kabupaten Seram Bagian Timur yakni Kota Bula, Kabupaten Maluku Tengah yakni dari Kota Masohi dan Kobisonta, Kota Ambon.

    " Ada pula masyarakat Desa Waimital dan tetangga desa yang turut pula diundang yakni Desa Waihatu, Waitoso, Kota Piru dan Kamal dan registrasi kurang lebih 3272 yang insha Allah hari ini hadir" tutur Budiono.


    Dirinya berharap, kedepan momentum Ukhuwah Islamiyah ini tetap terbangun dengan keinginan intinya tidak ada lagi perbedaan bahwa masyarakat keturunan jawa yang hidup di Maluku ini hanya sekedar menumpang tapi masyarakat keturunan jawa punya keinginan menjadi bagian dari pada masyarakat Maluku.

    "Sekali lagi kami ingin menjadi bagian dari masyarakat Maluku yang bisa memberikan kontribusi yang terbaik buat Maluku, memberikan warna terhadap Maluku artinya bukan sekedar numpang tapi kami ingin memberikan kontribusi yang terbaik dan maksimal terhadap Maluku tercinta ini,” ujarnya. (KT-MFS)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ribuan Warga Padati Tabligh Akbar Masyarakat Jawa Maluku Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top