• Headline News


    Thursday, August 9, 2018

    Gelar Pendidikan dan Pelatihan, Paliama Sejahterahkan Masyarakat Lewat Koperasi


    Piru, Kompastimur.com 
    Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Seram Bagian Barat Provinsi Maluku yang dinahkodai Oleh Allan Paliama menggelar pendidikan dan pelatihan pengawasan bagi koperasi simpan pinjam di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) tahun 2018.

    Kegiatan pelaksanaan pembukaan pendidikan dan pelatihan berlangsung selama tiga hari yang diikuti oleh 84 peserta pengurus koperasi simpan pinjam berlokasi di Aula Kantor Jemaat El lohim Desa Piru Kecamatan Seram Barat Kabupaten SBB ,Selasa (7/8/2018).

    Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten SBB Allan Paliama Kepada  Kompas Timur.Com berharap melalui pendidikan dan pelatihan ini dapat memberikan informasi yang aktual kepada koperasi simpan pinjam, atau unit simpan pinjam untuk membenahi diri agar dapat memenuhi standar teknis karena saat ini ada aturan atau regulasi yang mengatur tentang simpan pinjam yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 1995 tentang pengelolaan simpan pinjam.

    " Adapun peraturan Menteri Koperasi Nomor 15 Tahun 1995 itu juga tentang pengelolaan simpan pinjam, dan lebih detail diatur tentang bagaimana mekanisme pengawasan yang diatur oleh Menteri Koperasi Nomor 17 Tahun 1995 tentang pengawasan koperasi.” jelas Paliama.

    Ditambahkannya, pendidikan dan pelatihan merupakan implementasi bagaimana sistem pengawasan dilakukan kepada koperasi-koperasi yang bergerak diluar dari pada aturan, itu bisa di benahi dan sampai sekarang ini belum dilakukan tindakan represif, hanya masih saja melakukan sebatas pemberitahuan atau peringatan.

    " Jika mereka tidak bisa merubah sistem pengelola simpan pinjam yang mengarah pada aturan yang ada, kita akan bekukan karena di dalam ketentuan pengawasan itu hal pengawasan dikoordinasikan dengan Kepolisian RI dan Kejaksaan dan saya sudah berkoordinasi dengan Kapolres dan Kejari SBB kita akan bentuk Satgas terhadap pengelolaan Koperasi Simpan Pinjam " ungkap Paliama.

    Dirinya optimis, Dinas Koperasi dan UKM SBB yang dinakodainya akan semakin berkembang walaupun dengan keterbatasan anggaran yang dimiliki baik yang bersumber dari APBD maupun APBN, dirinya akan tetap melaksanakan sosialisasi kepada semua komponen masyarakat di Kabupaten SBB tentang tata cara pembentukan Koperasi simpan pinjam. (KT-MFS)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Gelar Pendidikan dan Pelatihan, Paliama Sejahterahkan Masyarakat Lewat Koperasi Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top