• Headline News


    Monday, August 6, 2018

    Dinkes Bursel Over Pelayanan Untuk Sukseskan WS2I Destinasi Teluk Tifu



    Namrole, Kompastimur.com
    Menyongsong pelaksanaan Wonderfull Sail2 Indonesia (WS2I) Destinasi Teluk Tifu tanggal 10 sampai 13 Agustus 2018, Dinas kesehatan telah menyiapkan berbagai sarana dan prasarana untuk menunjang demi suksesnya kegiatan dimaksud.

    Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Buru Selatan Ibrahim Banda yang ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (6/8) mengatakan, berbagai sarana dan prasarana kesehatan sudah disiapkan dan menjadi protap dari Dinkes terutama dalam memberikan pelayanan kesehatan pada kegiatan Festifal Teluk Tifu walaupun tidak pernah dilibatkan dalam rapat-rapat kepanitian.

    “Walaupun didalam rapat-rapat tidak pernah disinggung tentang kesehatan tapi protap Dinkes itu sudah pasti akan menerima itu sebagai pekerjaan wajib. Kesiapan kita yang terutama adalah sarana dan prasarana dalam rangka pelayanan kesehatan gawat darurat. Kita sudah siapkan tenaga-tenaga kita dan tinggal kita laporkan ke panitia bahwa pelayanan kesehatan telah siap untuk menyongsong kegiatan Festifal Teluk Tifu,” ucap Banda.

    Selain itu, Banda katakan ada kegiatan-kegiatan dari organisasi-organisasi seperti Ikatan Motor Indonesia yang melaksanakan rally wisata dari Kota Namrole ke Desa Tifu yang membutuhkan perjalanan jauh dan melewati daerah-daerah yang rawan sehingga petugas kesehatan juga harus siap siaga jangan sampai terjadi hal-hal yang bisa berakibat fatal.

    “Ada rally wisata, ini kan melewati daerah-daerah yang berbahaya dan terpaksa kita harus over pelayanan kesehatan juga, apalagi Rally ini membutuhkan waktu panjang serta melewati wilayah-wilayah yang sulit juga. Kita positif thinking saja, tidak akan terjadi apa-apa, namun kita tetap siapkan pos-pos kesehatan sepanjang rute jalan yang dilewati peserta Rally tersebut,” ujar Banda.

    Dirinya merincikan, untuk pos penanganan kesehatan sepanjang rute Rally ada dua Pos tetap (diam) yang dipasang pada wilayah-wilaya tertentu dan ada pos berjalan yang akan terus mengantar peserta realy sampai tujuan.

    “Dari yang kita rencanakan kurang lebih ada dua pos saja di lokasi peserta Rally lewat dan ada pos mobile yang akan terus mengikuti peserta Rally dari belakang,” ungkapnya.

    Sementara untuk pos pelayanan di Desa Tifu, Banda menambahkan, akan digunakan Pustu Tifu dengan melibatkan dinas kesehatan secara full, serta puskesmas-puskesmas terdekat seperti puskesmas Desa Kawiri, Puskesmas Leksula dan Puskesmas Fena Fafan.

    Disamping itu, tenaga-tenaga lapangan yang dipakai Dinkes dalam rangka pelayanan kegawatdaruratan dari Wamsisi juga akan dilibatkan dalam pelayanan kesehatan pada Festifal satu tahun satu kali tersebut.

    “Pos pelayanan kesehatan sudah siap, tenaga dokter juga kita libatkan, yang dokter spesialis dan dokter umum beberapa kita poskan di RSUD Namrole, sementara di pos pelayanan di Tifu kita siapkan dua dokter umum satu dari puskesmas Leksula dan satu dari Dinkes. Kalau ada kecelakaan Rally maupun musiba di festifal yang bisa di urus itu pasti cuma di RSUD Namrole kalau di pos-pos hanya penanganan kegawatdaruratan saja,”jelasnya. (KT-02)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Dinkes Bursel Over Pelayanan Untuk Sukseskan WS2I Destinasi Teluk Tifu Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top