• Headline News


    Saturday, July 21, 2018

    DPRD Gelar Paripurna Istimewa Hut Kabupaten Bursel Ke-10


    Namrole, Kompastimur.com
    DPRD Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Jumaat (20/07) menggelar rapat Paripurna Istimewa dalam agenda memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Bursel ke-10 yang jatuh pada tanggal 21 Juli 2018 dimana paripurna ini berlangsung di aula kantor DPRD Bursel.

    Ketua DPRD Kabupaten Bursel, Arkilaus Solulissa saat membuka Paripurna istimewa tersebut mengatakan, paripurna ini merupakan agenda yang baru dilaksanakan tahun ini sebagai bentuk kesadaran lokalitas maupun warisan kepada generasi muda tentang peristiwa bersejarah hari lahirnya Kabupaten Bursel 10 tahun silam.

    “Paripurna yang kita gelar ini bukan hanya tuntutan seremonial belaka tetapi peringatan ini lebih mengingatkan kita selaku anak negeri Bipolo untuk merenungkan kembali berbagai hal yang telah kita lakukan dalam pengabdian kita demi memajukan Kabupaten Bursel,” kata Solissa.

    Kabupaten Bursel yang terbentuk pada tanggal 21 Juli 2008 sesuai dengan undang-undang Nomor 32 Tahun 2008 merupakan buah dari hasil perjuangan para Tokoh-Tokoh pemekaran yang tergabung dalam lembaga Pemekaran Bursel.

    “Perjuangan mereka tidaklah mudah, harta bahkan jiwa raga mereka korbankan, oleh karena itu marilah kita mendoakan para tokoh pemekaran negeri ini yakni Almarhum Ismail Solissa, Almarhum Ulis Lesnussa dan Almarhum Jhon Lesnussa yang dalam perjuangan telah merengut jiwa mereka, semoga semua amal baik dan perjuangan mereka diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa,” pinta Solissa.

    Solissa dalam kesempatan itu mengakui sejak menjadi daerah otonomi baru dan terpisah dari Kabupaten Buru, kini Kabupaten Bursel masih berbena diri.

    Sementara itu, Wakil Bupati Bursel Buce Ayub Seleky saat membacakan sambutan Bupati Bursel Tagop Sudarsono Soulissa menjelaskan, perjuangan pemekaran Kabupaten Bursel bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang saat ini difokuskan pada pembangunan di 4 bidang yang menjadi prioritas yakni, Bidang Pendidikan, Bidang Kesehatan, Pengembangan Ekonomi Kerakyatan, dan Pembangunan Infrastruktur Wilayah.

    “ Kebijakan pendidikan berdasarkan RPJMD Kabupaten Tahun 2016-2021 lebih difokuskan pada pembangunan sarana dan prasarana pendidikan bermutu diseluruh wilayah, penguatan SDM tenaga pendidik dan kependidikan, pemberian beasiswa untuk siswa berprestasi, serta pembangunan sekolah kejuruan berbasis kebutuhan lokal,” kata Seleky.

    Dibidang kesehatan, fokus Pemda Bursel meliputi pembangunan sarana dan prasarana serta tenaga kesehatan yang merata dan berkualitas, pembangunan sistem jaringan obat dan instansi pengobatan, penyedian dokter, mensosialisasikan pola hidup sehat serta penguatan perlindungan terhadap ibu hamil dan anak.

    “ Selain pendidikan dan kesehatan, pengembangan ekonomi kerakyatan merupakan bidang yang paling berat untuk dapat mendongkrak hasil pembangunan karena meliputi sektor pertanian, perikanan, perindustrian dan UKM. Sedangkan pembangunan infrastruktur wilayah meliputi peningkatan prasarana jalan, jembatan dan drainase, peningkatan kualitas fisik penunjang pertanian dan ketertiban dan kenyamanan transportasi.” ujarnya.

    Sedangkan Gubernur Maluku Said Assagaff dalam sambutanya yang dibacakan oleh Staf Ahli Kemasyarakatan dan Sumber daya Manusia, Abdul Halim Daties menuturkan dengan bertambahnya usia Kabupaten Bursel yang genap satu dasawarsa dapat dijadikan sebagai sebuah pegangan untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah dengan karya dan prestasi, kerja produktif demi meraih cita-cita dan harapan akan masa depan yang lebih baik.

    “Hari kelahiran Kabupaten ini dapat di jadikan sebagai insprasi dan motivasi untuk kembali mengisi setiap perjuangan guna menigkatkan kesejahteraan serta kemajuan dan kemakmuran di bumi Lolik Lalen Fedak Fena,” kata Daties.

    Dirinya juga berterima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada para penggagas dan tokoh pemekaran yang telah berjuang dalam pemekaran Kabupaten Bursel demi meningkatkan kualitas hidup masyarkat.

    Dirinya mengharapkan kepada seluruh stockholder agar dapat bersinergi dalam menjalin hubungan untuk mencapai pembangunan daerah kearah yang lebih baik.

    “Saya berharap kepada Bupati dan Wakil Bupati, bersama dengan Pimpinan dan Anggota DPRD Bursel sebagai mitra kerja pemerintah, agar dapat membangun komunikasi dan koordinasi yang intensif bersama dengan seluruh pemangku kepentingan demi mengupayakan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Bursel,” harapnya. (KT-02)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: DPRD Gelar Paripurna Istimewa Hut Kabupaten Bursel Ke-10 Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top