• Headline News


    Wednesday, June 27, 2018

    Pilgub Maluku, BAILEO Borong Suara Bursel



    Namrole, Kompastimur.com
    Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Nomor Urut 2, Murad Ismail – Barnabas Orno (BAILEO) unggul signifikan di Kabupaten Buru Selatan (Bursel).

    Pasangan ini berhasil unggul atas pasangan Said Assagaf-Anderias Rentanubun (SANTUN) dan Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath (HEBAT).

    Sesuai hasil perolehan suara sementara yang masuk ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bursel berdasarkan data C1 KWK, pasangan  BAILEO berhasil mendulang 10.399 suara,  SANTUN 2.746  suara dan pasangan HEBAT 2.239 suara.

    “Perolehan suara ini dari 51 TPS yang tersebar di enam kecamatan  data yang diterima KPU Bursel pukul 19.30 WIT,” kata Komisioner KPU Buru Selatan Devisi Data, Syarif Mahulauw kepada wartawan, Rabu (27/06).

    Mahulauw merincikan perolehan suara  pasangan calon  per kecamatan, masing masing Kecamatan Namrole pasangan BAILEO 4.520 suara, SANTUN 667 suara, HEBAT 486 suara. Kecamatan Fena Fafan BAILEO 399 suara, SANTUN 45 suara dan HEBAT 46 suara. Kecamatan Leksula pasangan BAILEO meraih 2380 suara, SANTUN 1197 suara,  HEBAT 1279 suara. Kecamatan Kepala Madan, BAILEO 1078 suara, SANTUN 214 suara, HEBAT 105 suara. Kecamatan Waesama, BAILEO 1529 suara, SANTUN 426 suara, HEBAT 200 suara.  Kecamatan Ambalau, BAILEO 493 suara, SANTUN 207 suara, HEBAT 123 suara.

    Mahulauw mengungkapkan, pihaknya  masih menunggu data hasilperhitungan suara padasetiap TPS  berdasarkan data C1 KWK. Kita tetap menunggu hasil dari setiap  TPS yang nantinya disampaikan ke KPU Bursel,”pungkasnya.

    Sementara itu, Bupati Bursel, Tagop Sudarsono Soulisa  menyalurkan hak politiknya di TPS 1 Desa Lektama kecamatan Namrole.

    Tagop tidak sendiri, Ia ditemani istrinya Safitri Malik yang juga anggota DPRD Provinsi Maluku dari PDI Perjuangan Dapil  Buru dan Buru Selatan itu.

    Usai menyalurkan hak politiknya, Tagop yang di dampingi Asisten I Alfario Soumokil,  Kepala Kesbanggpol Ismed Thio, Kepala Bagian Pemerintahan Ridwan Nyio meninjau langsung sejumlah TPS di Kota Namrole. 

    Soulisa kepada wartawan mengatakan, berdasarkan hasil pemantauan proses pemungutan suara  berlangsung aman dan lancar.

    “Secara totalitas di  wilayah Bursel  berjalan baik, di Namrole, Leksula, Fena Fafan, Kepala Madan dan Ambalau berjalan baik,” ungkapnya.

    Untuk partisipasi, mantan Kepala Bapedda dan Litbang Kabupaten Bursel ini mengungkapkan, angka partisipasi paling tinggi 80 persen dari jumlah pemilih yang ada di Bursel sebanyak 51.710 sesuai  DPT. Sebab, banyak sekali penduduk yang belum kembali dari mudik lebaran dan kuliah. “Ini  yang  menyebabkan partispasi pemilih menurun,” sebutnya. (KT-Tim)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pilgub Maluku, BAILEO Borong Suara Bursel Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top