• Headline News


    Saturday, May 5, 2018

    IYL Lewat Jalan Terjal Temui Warga di Daerah Pedalaman Toraja Barat



    Tana Toraja,Kompastimur.com 
    Calon Gubernur Sulsel Nomor urut 4 Ichsan Yasin Limpo (IYL) menapaki jalan terjal dan licin menemui warga terpencil di Desa (Lembang) Sarapeang, Kecamatan Rembon. Tepatnya di wilayah Barat Kabupaten Tana Toraja.

    Untuk orang seusianya, kebanyakan sudah ngos-ngosan. Tapi tidak untuk Ichsan Yasin Limpo. Padahal, baru saja menempuh medan yang cukup sulit. Wilayah ini memang tergolong pedalaman.

    Untuk menjangkaunya cukup sulit. Tenaga mesin mobil tak mampu berkutik. Harus dibantu tenaga manusia. Alias didorong. Termasuk mobil yang ditumpangi Ichsan Yasin Limpo.

    Menjangkau pedalaman yang terletak di bukit itu, medan jalannya juga sangat ekstrim. Lebarnya hanya pas untuk satu kendaraan saja. Belum kondisi jalannya yang menanjak, berliku dan licin.

    Tapi demi menemui warga, tak ada istilah mengeluh, apalagi menghindar untuk bersilaturahim. Itulah sebabnya, sesampainya di Lembang Sarapeang, Ichsan langsung disambut penduduk setempat. 

    Sosialisasi berbalut silaturahim itu jauh dari kesan formal. Ichsan langsung saja mendatangi dan berbaur dengan warga di pelataran rumah. Ada juga yang di kolong rumah. Setelah menyapa, Ichsan mengambil ancang-ancang untuk duduk. Beralaskan tanah, tanpa kursi.

    Warga sempat dibuat heran. Ada juga yang merasa tak enak, karena tak menyiapkan kursi. Ichsan memberi kode, tak apa-apa. Duduk beralaskan tanah pun jadi. Suasana itu membuat sosialisasi berbalut silaturahim ini semakin merakyat. Sambil Ichsan mendengar keluh kesah mereka.

    Mayoritas masyarakat di Desa (Lembang) itu adalah petani. Kendala yang sering dihadapi oleh petani adalah soal irigasi. Selama ini, para petani masih mengandalkan musim penghujan untuk mengairi pesawahannya.

    "Insya Allah kalau saya dan Pak Andi Mudzakkar terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur salah satu saya punya program adalah pertanian. Seperti pembangunan irigasi persawahan agar produktifitas petani lebih baik lagi," komitmen Punggawa, sapaan akrab Ichsan.


    Tak hanya mendengar aspirasi. Ichsan dan warga setempat juga banyak berdiskusi. Sesekali, diselingi tawa dan canda. Tanda kedekatan Ichsan dan rakyat memang tidak mengada-ada. Tak terasa, sudah beberapa jam obrolan. Ichsan pun siap-siap pamit.

    Warga setempat seperti sedih. Mereka berharap Ichsan datang lagi. "Datang lagi Pak. Tapi sudah pakai baju dinas gubernur meki Pak nah," tutur salah satu warga yang langsung diamini warga lainnya.

    Ichsan Yasin Limpo memang punya cara berbeda dalam menemui rakyat. Di saat Kandidat lainnya selalu "pamer" naik helikopter menjangkau pelosok, maka tidak dengan IYL maupun Cakka.

    Keduanya selalu menempuh perjalanan darat untuk bersilaturahim dengan warga,  sekalipun medannya sangat ekstrim dan sulit untuk dilalui kendaraan roda empat. (KT-MZT)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: IYL Lewat Jalan Terjal Temui Warga di Daerah Pedalaman Toraja Barat Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top